SUATU TINJAUAN PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. BPR SYARIAH HARTA INSAN KARIMAH (HIK) PARAHYANGAN
No Thumbnail Available
Date
2009
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Saat ini perkembangan bank syariah mengalami peningkatan maka beberapa
tahun ke depan kondisi tersebut akan berubah sehingga Bank Syariah dapat
berdiri setara dengan bank konvensional bahkan melebihi. Hal tersebut
menyebabkan kompetisi perbankan makin tinggi, termasuk produk syariah.
Dengan demikian, sebuah bank harus melakukan berbagai upaya pembaharuan
yang tidak kenal henti. Dari konsep penyediaan produk yang saling mengungguli
dan saling berusaha untuk lebih baik akan menimbulkan persaingan yang semakin
ketat. Untuk itu perlu strategi pemasaran jitu dalam memasarkan bank syariah
kepada masyarakat. Oleh sebab itu penulis membahas mengenai strategi
pemasaran pada PT. BPR Syariah Harta Insan Karimah Parahyangan dan hasilnya
dituangkan dalam Tugas Akhir dengan judul “ SUATU TINJAUAN
PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. BPR SYARIAH
HARTA INSAN KARIMAH (HIK) PARAHYANGAN”.
Seperti yang telah diketahui, strategi pemasaran adalah cara pandang
perusahaan dalam menjabarkan seluruh tujuan-tujuan yang telah ditetapkan untuk
memenangkan pangsa pasarnya.
Penyusunan Laporan Tugas Akhir dilaksanakan di PT. BPR Syariah Harta
Insan Karimah Parahyangan Bandung. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini
adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran yang
diterapkan oleh PT. BPR Syariah Harta Insan Karimah Parahyangan, untuk
mengetahui apa saja hambatan dalam pelaksanaan strategi pemasaran perusahaan,
serta untuk mengetahui bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan strategi
pemasaran pada PT. BPR Syariah Harta Insan Karimah Parahyangan.
Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif, dan cara yang
digunakan untuk memperoleh data dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah
melakukan dengan cara field research (Penelitian Lapangan) yang terdiri dari
observation (Peninjauan/Pengamatan) dan Interview (Wawancara) dengan pihakpihak
yang bersangkutan. Serta library research (Penelitian Kepustakaan).
Berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
pelaksanaan pelayanan purna jual yang dilakukan oleh PT. BPR Syariah Harta
Insan Karimah Parahyangan telah dilakukan dengan baik yaitu dengan cara selalu
memperbaiki strategi pemasarannya ke arah yang lebih baik dengan
memperhatikan faktor 7 P yaitu product, price, place, promotion, people, physical
evidence,dan process. Namun strategi pemasaran pada PT. BPR Syariah Harta
Insan Karimah Parahyangan harus lebih ditingkatkan lagi dengan menggunakan
metode-metode lain yang lebih up to date lagi demi perkembangan dan kemajuan
perusahaan.
Description
Keywords
Strategi Pemasaran