PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI LPK CSBI LPK CSBI で外国語を学ぶ

No Thumbnail Available
Date
2012
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
1. Pendahuluan Bahasa merupakan media komunikasi paling efektif untuk menyampaikan perasaan dan pendapat kepada orang lain. Sedangkan bahasa asing adalah bahasa yang tidak digunakan oleh masyarakat suatu negara dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa asing menjadi bahasa kedua dan sebagai komunikasi berintegrasi dengan dunia luar. Contohnya, orang asing yang tinggal di Indonesia akan berpikir bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa asing. Di dunia ini terdapat Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dll. Selain Bahasa Indonesia, bahasa-bahasa tersebut dipelajari sebagai bahasa asing. Saat ini banyak orang yang mempelajari bahasa asing. Alasannya karena kemampuan bahasa asing dipandang sangat penting. Kemampuan bahasa asing sangat diperlukan bagi mereka yang ingin belajar di luar negeri. Kemampuan bahasa asing juga diperlukan mereka yang ingin bekerja di luar negeri. Sekarang ini belajar bahasa asing tidak hanya dilakukan di sekolah tetapi banyak juga orang-orang yang mempelajarinya di tempat kursus. Belajar di tempat kursus dipandang lebih cepat dalam mempelajari bahasa asing. Oleh karena itu penulis mengangkat tema “PEMBELAJARAN BAHASA ASING LPK CSBI” di dalam penulisan Laporan Tugas Akhir. 2. Isi 2.1 Pembelajaran Bahasa Asing Banyak metode dalam mempelajari bahasa asing. Kita bisa mempelajari bahasa asing dengan cara otodidak, melalui Sekolah Bahasa Jepang, bisa juga mempelajarinya di tempat kursus. Sekarang ini banyak orang memilih belajar bahasa asing di tempat kursus. Belajar di tempat kursus sangat praktis, selain waktu yang bisa disesuaikan lembaga kursusnya pun banyak. Setiap lembaga pendidikan dan kursus menggunakan metode pembelajaran yang beragam. Beberapa lembaga pendidikan dan kursus masih menggunakan metode konvensional. Masih banyaknya penerapan metode konvensional di lembaga pendidikan dan kursus ini, maka penulis melaksanakan praktik kerja lapangan ditempat kursus yaitu LPK CSBI. 2.2 Praktik Kerja Lapangan Penulis melaksanakan praktik kerja lapangan di LPK CSBI selama kurang lebih 100 jam dari tanggal 15 Juli 2011 sampai 25 Agustus 2011. Selama melaksanakan praktik kerja lapangan penulis menjadi pengajar Bahasa Jepang. Penulis mendapat pelajaran metode pembelajaran Bahasa Jepang dari pengajar Bahasa Jepang LPK CSBI. Penulis juga diajarkan penyusunan rencana pembelajaran yang ada di LPK CSBI. Setelah itu, penulis melakukan pengamatan di kelas Bahasa Jepang dan mendapatkan kesempatan mengajar Bahasa Jepang. Ketika mengajarkan Bahasa Jepang, penulis menggunakan metode yang diajarkan oleh pengajar Bahasa Jepang, penulis juga mencoba menggunakan metode sendiri. Contohnya untuk menciptakan percakapan yang menyenangkan dengan cara memperlihatkan gambar. Bukan hanya itu, penulis juga mengajarkan metode agar mudah mengingat pelajaran dengan menggunakan lagu. Dengan metode ini bisa tercipta suasana yang menyenangkan sehingga peserta didik merasa rileks namun bisa berkonsentrasi pada pelajaran. 3. Kesimpulan Tema dari Laporan Tugas Akhir ini yaitu “PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI LPK CSBI”. Dibawah ini adalah kesimpulannya: 1. Mempelajari bahasa asing tidak hanya bisa dilakukan melalui Sekolah Bahasa Asing, tetapi bisa juga dengan cara kursus. 2. Jadwal pelaksanaan kursus sangat praktis disesuaikan dengan waktu yang dimiliki peserta didik. Sehingga bagi yang sudah bekerja tidak perlu merasa khawatir. 3. Metode pembelajaran yang tepat sangat diperlukan dalam pembelajaran bahasa asing. 4. Biaya pendidikan untuk pembelajaran bahasa asing di tempat kursus biasanya terjangkau. 5. Suasana kelas yang menyenangkan akan berpengaruh terhadap proses pembelajaran.
Description
Keywords
Pembelajaran Bahasa Asing, LPK CSBI
Citation