MEDIA ELEKTRONIK SEBAGAI SALAH SATU SARANA YANG EFEKTIF UNTUK PENGAJARAN BAHASA JEPANG KEPADA SISWA DI SMA BPI 1 BANDUNG “バンドン第一BPI 私立高等学校における日本語を学習するた めの電子メディア“

No Thumbnail Available
Date
2014
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Praktik Kerja Lapangan adalah salah satu syarat dalam menyelesaikan Pendidikan Diploma III Program Studi Bahasa Jepang pada Fakultas Bahasa Universitas Widyatama. Tujuan dari Praktik Kerja Lapangan adalah agar setiap mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu yang didapat selama belajar di bangku perkuliahan. Hasil yang diperoleh selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan tersebut penulis tuangkan ke dalam tulisan yang berbentuk laporan. Penulis melaksanakan praktik kerja lapangan di SMA BPI 1 Jl. Burangrang No. 8 Telp. (022) 7301739, 7305735 – Fax. (022) 7305805 – Email: smas.bpi1@yahoo.co.id, Bandung 40262. Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui seberapa penting media elektronik sebagai sarana pengajaran bahasa Jepang di SMA BPI 1 Bandung dan memberikan salah satu solusi kepada pengajar bahasa Jepang dalam proses pembelajaran. Penulis selama melakukan praktik kerja lapangan ditugaskan sebagai Pengajar bahasa Jepang yang bertugas untuk memberikan materi, tugas dan tes. Metode atau cara-cara yang dilakukan penulis adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Metode yang menggambarkan susunan yang sistematis secara aktual dan cermat. Di jaman modern ini media untuk pembelajaran bahasa Jepang sudah sangat mudah di dapatkan dan penulis memanfaatkan fasilitas yang sudah ada untuk menunjang pembelajaran kepada peserta didik di SMA BPI 1 Bandung. Adapun bentuk media elektronik yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah JED (Japanese English Dictionary), Kanji Recognized, imiwa dictionary (意味和 Dictionary), dan bahkan latihan untuk menghadapi ujian tes kemampuan bahasa Jepang pun sudah ada di jaman modern ini. Hasil analisis data tes disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 89,9 dan berdasarkan hasil data angket menunjukan 50,4% responden setuju dengan metode pembelajaran menggunakan sarana media elektronik, 27,2% responden biasa saja dengan metode pembelajaran menggunakan sarana media elektronik, dan 2,4% responden menyatakan tidak setuju dengan metode pembelajaran menggunakan sarana media elektronik. Penulis berharap pengalaman yang penulis peroleh selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan dapat bermanfaat bagi pembaca.
Description
Keywords
PKL, SMA BPI 1 Bandung, Electronic Media, Media Learning, Media Elektronik, Media Pembelajaran
Citation