MEDIA ELEKTRONIK SEBAGAI SALAH SATU SARANA YANG EFEKTIF UNTUK PENGAJARAN BAHASA JEPANG KEPADA SISWA DI SMA BPI 1 BANDUNG “バンドン第一BPI 私立高等学校における日本語を学習するた めの電子メディア“
No Thumbnail Available
Date
2014
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Praktik Kerja Lapangan adalah salah satu syarat dalam menyelesaikan
Pendidikan Diploma III Program Studi Bahasa Jepang pada Fakultas Bahasa
Universitas Widyatama. Tujuan dari Praktik Kerja Lapangan adalah agar setiap
mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu yang didapat selama belajar di bangku
perkuliahan. Hasil yang diperoleh selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan
tersebut penulis tuangkan ke dalam tulisan yang berbentuk laporan.
Penulis melaksanakan praktik kerja lapangan di SMA BPI 1 Jl.
Burangrang No. 8 Telp. (022) 7301739, 7305735 – Fax. (022) 7305805 – Email:
smas.bpi1@yahoo.co.id, Bandung 40262.
Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui seberapa penting media
elektronik sebagai sarana pengajaran bahasa Jepang di SMA BPI 1 Bandung dan
memberikan salah satu solusi kepada pengajar bahasa Jepang dalam proses
pembelajaran.
Penulis selama melakukan praktik kerja lapangan ditugaskan sebagai
Pengajar bahasa Jepang yang bertugas untuk memberikan materi, tugas dan tes.
Metode atau cara-cara yang dilakukan penulis adalah dengan menggunakan
metode deskriptif. Metode yang menggambarkan susunan yang sistematis secara
aktual dan cermat.
Di jaman modern ini media untuk pembelajaran bahasa Jepang sudah
sangat mudah di dapatkan dan penulis memanfaatkan fasilitas yang sudah ada
untuk menunjang pembelajaran kepada peserta didik di SMA BPI 1 Bandung.
Adapun bentuk media elektronik yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran
bahasa Jepang adalah JED (Japanese English Dictionary), Kanji Recognized,
imiwa dictionary (意味和 Dictionary), dan bahkan latihan untuk menghadapi
ujian tes kemampuan bahasa Jepang pun sudah ada di jaman modern ini.
Hasil analisis data tes disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 89,9
dan berdasarkan hasil data angket menunjukan 50,4% responden setuju dengan
metode pembelajaran menggunakan sarana media elektronik, 27,2% responden
biasa saja dengan metode pembelajaran menggunakan sarana media elektronik,
dan 2,4% responden menyatakan tidak setuju dengan metode pembelajaran
menggunakan sarana media elektronik.
Penulis berharap pengalaman yang penulis peroleh selama melaksanakan
Praktik Kerja Lapangan dapat bermanfaat bagi pembaca.
Description
Keywords
PKL, SMA BPI 1 Bandung, Electronic Media, Media Learning, Media Elektronik, Media Pembelajaran