EVALUASI FASILITAS JEMBATAN TIMBANG DI PT. KRAKATAU BANDAR SAMUDRA (KBS) DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI ARENA

Widyatama Repository

EVALUASI FASILITAS JEMBATAN TIMBANG DI PT. KRAKATAU BANDAR SAMUDRA (KBS) DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI ARENA

Show simple item record

dc.contributor.author Rochman, Didit Damur
dc.contributor.author Pribadi, Didi Teguh
dc.contributor.author Setijadi
dc.date.accessioned 2013-07-15T07:00:43Z
dc.date.available 2013-07-15T07:00:43Z
dc.date.issued 2005-06-01
dc.identifier.isbn 979-97986-2-0
dc.identifier.uri http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2088
dc.description - en_US
dc.description.abstract PT. Krakatau Bandar Samudra (KBS) adalah anak perusahaan PT. Krakatau Steel yang merupakan Badan Usaha Milik Negara, dan beroperasi dibidang pelayanan pelabuhan laut khusus untuk barang curah (bulk cargo). Seiring dengan peningkatan ekspor dan impor barang curah melalui pelabuhan milik KBS, tidak lepas dari keberhasilan peningkatan pelayanan KBS kepada pelanggannya. Salah satu kegiatan dalam pelayanan KBS adalah kegiatan bongkar-muat (loading/unloading) dari dan ke kapal laut serta diantara sub kegiatan bongkar muat adalah proses penimbangan truk yang akan atau sudah bongkar muat di dermaga KBS. Permasalahan yang muncul adalah timbulnya antrian yang sangat tinggi daIam melakukan proses penimbangan truk, yang disebabkan oleh pelayanan jembatan timbang yang merupakan inti kegiatan proses penimbangan. Sehingga perlu dilakukan evaluasi jumlah jembatan timbang yang diperJukan agar jumlah antrian minimal untuk bahan pertimbangan pengambilan keputusan investasi oleh manajemen KBS. Pengumpulan data dilakukan atas variabel waktu kedatangan truk, proses penimbangan, jumlah truk dengan kapasitas, jumlah muatan kapal yang akan melakukan bongkar muat di dermaga KBS serta prosedur dan kebijakannya, yang selanjutnya dibuat model simulasi komputer dengan bantuan software ARENA. Berdasarkan hasil simulasi komputer dengan memperhatikan variabel-variabel tersebut diatas diperoleh jumlah jembatan timbang ideal yang diperlukan adalah 3 unit, sementara pada saat ini hanya ada 2 buah jembatan timbang. Dengan menggunakan jembatan timbang 3 buah maka waktu antri bisa dikurangi dari rata-rata 12 menit menjadi rata-rata 3 menit pada tingkat utilisasi timbangan cukup tinggi yaitu 0.9. Hasil analisis kelayakan keuangan didapatkan bahwa penambahan satu buah jembatan timbang ini dinyatakan layak dari segi keuangannya karena memiliki indikator-indikator yang cukup baik bagi suatu investasi pada jembatan timbang. en_US
dc.description.sponsorship - en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Widyatama
dc.relation.ispartofseries KIN.HC.008;
dc.subject bulk cargo en_US
dc.subject material handling en_US
dc.subject teori antrian en_US
dc.subject simulasi komputer en_US
dc.subject studi kelayakan en_US
dc.title EVALUASI FASILITAS JEMBATAN TIMBANG DI PT. KRAKATAU BANDAR SAMUDRA (KBS) DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI ARENA en_US
dc.type Presentation en_US


Files in this item

Files Size Format View
COVER KIN.HC.008.pdf 375.1Kb PDF View/Open
KEYNOTE SPEAKER KIN.HC.008.pdf 769.1Kb PDF View/Open
SUSUNAN PANITIA KIN.HC.008.pdf 366.1Kb PDF View/Open
KATA PENGANTAR KIN.HC.008.pdf 547.7Kb PDF View/Open
DAFTAR ISI KIN.HC.008.pdf 1.819Mb PDF View/Open
ABSTRAK DIDIT KIN.HC.008.pdf 562.5Kb PDF View/Open
CONTENT DIDIT KIN.HC.008.pdf 5.065Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record