Information System - Bachelor
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
Now showing 1 - 5 of 330
- ItemPERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PERFORMANCE TESTING PADA ARSITEKTUR MICROSERVICES(Program Studi Sistem Informasi S1 Fakultas Teknik, 2021) Daim, Zulkhair AbdullahArsitektur layanan mikro adalah sistem yang berisi layanan mikro yang berjalan bersama untuk menyediakan fungsionalitas bagi klien. Unit terkecil dari sistem, layanan mikro, biasanya harus mengirimkan respons untuk ribuan permintaan dalam satu detik. Pada aplikasi permintaan tinggi seperti e-commerce, uji kinerja sangat diperlukan untuk mengukur kapasitas layanan yang dapat ditangani dalam satu detik, terutama jika perusahaan mengadakan acara yang akan menyebabkan lonjakan pengunjung. Selain dari sisi aplikasi, uji kinerja dapat menganalisis komponen mana yang mengalami bottleneck, seperti pada load balancer atau pada bandwidth jaringan. Pengujian kinerja pada layanan mikro biasanya dilakukan untuk menunjukkan permintaan pengguna saat acara besar diadakan. Pengujian harus disimulasikan dan dilakukan dengan jumlah yang sama dengan target event, sehingga lingkungan pengujian hampir mendekati dunia nyata. Pada penelitian ini, kami menerapkan pendekatan praktis dalam melakukan pengujian kinerja pada layanan mikro, dengan memanfaatkan kerangka pengujian. Prosesnya dimulai dari mempersiapkan lingkungan, merencanakan pengujian, melaksanakan dan melaporkan hasilnya.
- ItemPERANCANGAN DESAIN APLIKASI SURAT MENYURAT DESA CIWARUGA MENGGUNAKAN METODOLOGI AGILE SCRUM(Program Studi Sistem Informasi S1 Fakultas Teknik, 2022) Zakaria, Wandhi IrwansyahDesa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batasan wilayah dan mengurus urusan kepentingan masyarakat. Desa Ciwaruga merupakan salah satu desa yang terdapat di Jawa Barat. Desa Ciwaruga melayani berbagai pelayanan publik salah satunya adalah pembuatan surat menyurat. Saat ini pembuatan surat menyurat dilakukan oleh masyarakat melalui RT dan RW untuk diajukan ke desa, hal tersebut merupakan prosedur yang sesuai aturan yang berlaku. Salah satu kendala yang ditemukan adalah waktu pengajuan surat yang kebanyakan dilakukan di jam setelah bekerja, dikarenakan selain jabatannya sebagai RT atau RW merekapun memiliki pekerjaannya masing masing. Saat ini pengajuan persuratan masih dilakukan secara manual. Sedangkan digitalisasi merupakan salah satu aspek penting yang dapat mendukung percepatan informasi dan juga komunikasi. Hal tersebut dapat berdampak kepada waktu pengajuan persuratan. Salah satu bentuk digitalisasi adalah mobile application. Mobile application merupakan solusi kemudahan akses dimana informasi dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Selain itu kebanyakan warga Desa Ciwaruga memiliki handphone Hal tersebut yang mendasari mengapa aplikasi persuratan sebagai output dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang sesuai dengan flow dari proses persuratan yang ada dan juga membuat aplikasi persuratan yang dapat digunakan kapan saja dan dapat dikembangankan sesuai kebutuhan. Penelitian ini menggunakan metodologi agile scrum, dimana metodologi ini memiliki kelebihan yaitu fleksibilitas sehingga dapat menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan yang ada. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi persuratan Desa Ciwaruga yang dibuat sesuai dengan flow bisnis yang ada juga dapat di akses dimana saja, kapan saja dan dapat disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan warga Desa Ciwaruga.
- ItemPERANCANGAN APLIKASI “ANTARKAN” AGREGASI PENGIRIMAN BARANG(Program Studi Sistem Informasi S1 Fakultas Teknik, 2022) Alkautsar, Yusri Yusron Nur YusufSejak pandemi, jumlah pengiriman pada masing-masing jasa ekspedisi, seperti JNE, J&T, POS Indonesia, TiKi, dan SiCepat Ekspress mengalami kenaikan belasan hingga ratusan persen. Saat ini, orang akan cenderung mengakses atau bahkan mengunduh aplikasi masing-masing ekspedisi untuk menggunakannya atau bahkan mendatangi agen ekspedisi hanya sekedar “menitipkan” barang untuk dikirim ke tempat tujuan. Maka dari itu akan sangat membantu jika terdapat aplikasi agregasi yang dapat menghubungkan beberapa jasa ekspedisi dalam satu aplikasi sehingga pemesan hanya perlu memilih jasa ekspedisi yang diinginkan, tanpa harus mengunduh atau mengakses masing-masing jasa ekspedisi. Dalam penelitian ini, metode pelaksanaan atau langkah/tahapan yang digunakan untuk merancang aplikasi Antarkan, yaitu identify, understand, analyze, dan report. Hasil dari penelitian ini adalah mengagregasikan/menggabungkan berbagai jenis jasa ekspedisi dalam satu aplikasi melalui API (Application Programming Interface). Kemudian pemesan/pelanggan dapat menggunakan jasa ekspedisi sesuai dengan keinginannya, yang mana setiap jasa ekspedisi memiliki form/parameter yang berbeda untuk membuat pengiriman/pesanan. Setelah pesanan dibuat, maka pesanan akan diterima oleh kurir agen terdekat berdasarkan ‘Alamat Pengambilan’ pemesan untuk segera dijemput dan ditimbang barangnya, sehingga akan muncul biaya yang harus dibayar oleh pemesan/pelanggan di aplikasi kurir dan pemesan bisa langsung membayar kepada kurir yang bersangkutan.
- ItemPENERAPAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN E-MARKETPLACE SEBAGAI ONLINE SHOPPING(Program Studi Sistem Informasi, Universitas Widyatama, 2022) Mulyati, SitiE-marketplace merupakan model bisnis yang paling sering digunakan untuk melakukan belanja secara online dan memberikan kemudahan terhadap pebisnis maupun pengguna. Selain itu, e-marketplace mampu menarik pengguna untuk melakukan belanja online dan sudah memiliki pengunjung yang cukup banyak. Oleh sebab itu, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui persepsi pengguna dalam menggunakan e-marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) terhadap pengguna dalam menggunakan e-marketplace. Konstruk-konstruk yang digunakan yaitu Social Influence, Brand Image, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Actual System Use. Semakin mudah persepsi pengguna maka semakin tinggi juga keinginan pengguna untuk menggunakan suatu teknologi. Penelitian ini menggunakan teknik sampling dengan responden sebanyak 356 orang selama 14 hari. Hasil responden diolah menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0 untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna dalam menggunakan e-marketplace. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif.
- ItemTECHNOPRENEUR GAMIFIKASI DALAM EDUKASI DI ADELIE STUDIO(Program Studi Sistem Informasi, Universitas Widyatama, 2022) Pratama, SandiPada masa pandemi Novel Coronavirus Disease 19 atau lebih dikenal dengan COVID-19 yang melanda dunia dan khususnya Indonesia, mengakibatkan lumpuhnya aktivitas di sektor pendidikan salah satunya sektor pendidikan untuk anak usia dini. Dengan kondisi yang tidak siap menghadapi pandemi, aktivitas di sektor pendidikan anak usia dini sempat tidak berjalan dengan baik dikarenakan kegiatan belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara tatap muka. Dari permasalahan tersebut, anak anak usia dini yang kesulitan untuk melakukan aktivitas belajar mengajar yang menyenangkan dan menggunakan metode pembelajaran yang kognitif, motorik, dan sensorik yang berguna bagi pertumbuhan anak anak pada masa usia dini atau disebut juga masa keemasan. Selain dengan tidak sesuai nya metode pembelajaran yang digunakan, pandemi membuat anak anak lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah dengan bermain video game melalui gadget yang pada akhirnya ikut menghambat pertumbuhan anak. Disini startup Adelie Studio mencoba membuat sebuah media pembelajaran untuk anak anak usia dini melalui video game edukasi interaktif yang dapat dimainkan dimana saja dan kapan saja. Video game dibuat dengan memadukan media interaktif seperti audio dan visual sebagai media bantu anak untuk mempelajari suatu hal yang baru dengan cara yang menarik dan disukai. Untuk menguji apakah media pembelajaran tersebut data di jadikan suatu usaha yang menjanjikan, dalam dokumen ini penyusun melakukan analisis kelayakan usaha dengan menguji feasible variable serta melakukan simulasi perhitungan Payback Periode dan Net Present Value berdasarkan data yang dikumpulkan selama satu tahun berjalanya usaha Adelie Studio. Dengan merujuk kepada metodologi lean startup dan penggunaan teknologi terbaru seperti progressive web app, penyusun dan tim di Adelie Studio berhasil menekan pengeluaran biaya produksi hingga sekecil mungkin sehingga membuat hasil pengujian kelayakan usaha menjadi positif.