Show simple item record

dc.contributor.authorRakhmanita, Lia
dc.contributor.authorRustaman, Tatang Harry
dc.contributor.authorRespati, Reza
dc.date.accessioned2011-12-02T06:49:31Z
dc.date.accessioned2019-10-30T14:37:11Z
dc.date.available2011-12-02T06:49:31Z
dc.date.available2019-10-30T14:37:11Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1739
dc.descriptionABSTRACT Reza Respati, Tatang Harry Rustaman and Lia Rakhmanita, 2009. The Influence of Relationship Marketing on Customer Loyalty Facebook User At Hardrock FM Radio Bandung. Adviced By Harjanto Prabowo and Dyah Kusumastuti. Broadcasting industry in Indonesia becoming growth rapidly. Technology and communication taking controll simultanously on broadcasting industry. Internet has became a new technology item and sophisticated media recently. E-mail, chating, blogging, and other available facilities on internet using as marketing tools by radio owner to recruits the number of audience for increase radio rating and finally, inviting advertisement contract and directly increasing profit for this business. One of the greatest product from internet that apply the communication principal is social networking. This product developing identified by the number of social networking sites such as MySpace, Friendster, Flixter, Plurk, YouTube, Twitter and fenomenal site Facebook. This social networking site used by radio industry for receive audience community in order to create their loyalty. To approach marketing strategy in Hardrock FM Radio Bandung, which is using social networking media Facebook, there is influence on audience loyalty. This argumentation focused on the influence of relationship marketing on customer loyalty at Hardrock FM Radio Bandung. The objective of this research is to identify the implementation of relationship marketing programm on audience loyalty (facebook user) those including attraction, retention dan enchancment. This research is descriptive dan verificative with survey online method using www.surveymonkey.com site observation. The sample difinited by minimum standard of 100 responden. The collecting data technic using book references, interview and questioner. The result showed that variable of relationship marketing aprproved to influence on Hardrock FM Radio Bandung audience loyalty.en_US
dc.description.abstractABSTRAK Reza Respati, Tatang Harry Rustaman dan Lia Rakhmanita, 2009. “Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pendengar yang menggunakan facebook pada Radio Hardrock FM Bandung”. Dibimbing Harjanto Prabowo dan Dyah Kusumastuti. Industri radio di Indonesia berkembang secara pesat. Peran teknologi dan ilmu komunikasi sangat mempengaruhi industri media elektronik ini. Internet menjadi salah satu produk teknologi terbaru dan tercanggih saat ini. E-mail, chating, blogging, dan fasilitas lain yang tersedia di internet dijadikan sarana pemasaran oleh pihak radio untuk mendapatkan pendengar loyal sebanyak-banyaknya untuk menaikan rating radio tersebut yang pada akhirnya akan mengundang para pemasang iklan sebagai pendapatan terbesar di bisnis ini. Satu lagi produk terhebat dari internet adalah masuknya prinsip-prinsip komunikasi yaitu jejaring sosial (social networking). Berkembangnya produk ini adalah dengan menjamurnya situs-situs social networking antara lain MySpace, Friendster, Flixter, Plurk, YouTube, Twitter dan yang sangat fenomenal adalah Facebook. Situs jejaring sosial ini dimanfaatkan oleh industri radio untuk menghimpun komunitas-komunitas pendengar agar semakin loyal. Selaras dengan strategi marketing yang digunakan oleh Radio Hardrock FM Bandung, yaitu menggunakan media sosial networking Facebook maka terdapat pengaruh terhadap loyalitas pendengar Radio Hardrock FM Bandung. Pembahasan ini difokuskan pada pengaruh Program Relationship Marketing terhadap loyalitas pendengar Radio Hardrock FM Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi implementasi program relationship marketing terhadap loyalitas pendengar yang menggunakan facebook yang meliputi identifikasi tanggapan pendengar, tingkat loyalitas pendengar, tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan pendengar. Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif dengan metode survei online menggunakan situs www.surveymonkey.com. Ukuran sampel yang ditetapkan melalui iterasi minimal berjumlah 100 responden. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain studi kepustakaan, wawancara dan penyebaran kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis jalur. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel relationship marketing terbukti berpengaruh terhadap loyalitas pendengar yang menggunakan facebook pada Radio Hardrock FM Bandung.en_US
dc.publisherUniversitas Widyatamaen_US
dc.relation.ispartofseries1412014;014109
dc.relation.ispartofseries1413017;-
dc.relation.ispartofseries1413018;-
dc.subjectRelationship Marketingen_US
dc.subjectLoyalitasen_US
dc.subjectfacebooken_US
dc.subjectRadio Hardrock FMen_US
dc.titlePengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pendengar Yang Menggunakan Facebook Pada Radio Hard Rock FM Bandungen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record