dc.contributor.author | Basuk, Teguh Iman | |
dc.date.accessioned | 2011-12-02T02:24:11Z | |
dc.date.accessioned | 2019-10-22T05:07:34Z | |
dc.date.available | 2011-12-02T02:24:11Z | |
dc.date.available | 2019-10-22T05:07:34Z | |
dc.date.issued | 2009 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1736 | |
dc.description | ABSTRACT
This research is related to the measurement of the influence of the
extended marketing mix to the willingness to recommend a student studying in
STIE Ekuitas in Bandung. Several things which are constituted this research
among others: its excelsior of the demand of the college service, the strong
competition among the private sector college which are existed, and at STIE
Ekuitas specially, there is a phenomenon about the decreasing number of the
student on period 2006/2007. The marketing theories the used the service
marketing concept (Zeithaml, et.al, 2006), the consumer behavioral theory
(Schiffman & Kanuk, 2007), and also some reference result of the empirical study
previously.
The research design is the level of explanation research, and the method is
used are descriptive and associative studies. The data used is perception of 325
university students on the activities of extended marketing mix, and their
willingness to recommend a student studying in STIE Ekuitas. The independent
variable used is extended marketing mix which are consist of people (X1), physical
evidence (X2) and process (X3). While the dependent variable is the willingness to
recommend a student studying (Y). The hypothesis submitted is: “the extended
marketing mix, partially and simultaneously, has influence toward the willingness
to recommend a student studying in STIE Ekuitas”. To test this submitted hypothesis
is used path analysis model.
The result of descriptively analysis shows that the extended marketing mix
on STIE Ekuitas have been conducted better. Most students also have the
willingness to recommend a student studying in STIE Ekuitas. The hypothetical
test found the structural equation as follows: Y = 0.30*X1 + 0.54*X2 + 0.017*X3
+ Errorvar. = 0.53, R² = 0.47. The path coefficient is found indicate that each
independent variable has the positive effect significantly toward the willingness to
recommend a student studying on STIE Ekuitas. Each the path coefficient is
significantly at DF=n-2, and =0.05 for two tails test. The total effects of each
sub variables as follows: people factor is equal to 13.03%, physical evidence
factor is equal to 33.45% and process factor has very meaningless or small
contribution that is equal to 0.58%. By simultaneously, each sub variables of the
extended marketing mix has the positive effect to the willingness to recommend a
student studying in STIE Ekuitas, with totalize effect is equal to 47%, so that 53%
explained by other factors which are not researched.
Recommendation to the management of STIE Ekuitas is to improve
physical evidence as factor priority. To other researcher shall earn to test some
related other factor of desire of the student to recommend following a lecture,
namely by including peculiarly the satisfaction and loyalty variables | en_US |
dc.description.abstract | ABSTRAK
Penelitian ini berkaitan dengan pengukuran pengaruh bauran pemasaran
yang diperluas terhadap keinginan mahasiswa untuk merekomendasikan kuliah
pada STIE Ekuitas di Bandung. Beberapa hal yang mendasari penelitian ini di
antaranya: semakin tingginya permintaan masyarakat akan jasa pendidikan tinggi,
persaingan yang ketat di antara perguruan tinggi swasta yang ada, dan pada STIE
Ekuitas khususnya, ada fenomena penurunan jumlah mahasiswa periode
2006/2007. Teori pemasaran yang digunakan adalah mengenai konsep bauran
pemasaran jasa (Zeithaml, et.al, 2006), teori perilaku konsumen (Schiffman &
Kanuk, 2007), serta beberapa rujukan hasil studi empiris sebelumnya.
Desain penelitian adalah penelitian menurut tingkat eksplanasi (level of
explanation) dengan metode deskriptif dan asosiatif. Data berasal dari tanggapan
325 orang responden atas pelaksanaan bauran pemasaran jasa dan keinginan
mahasiswa untuk merekomendasikan kuliah pada STIE Ekuitas. Variabel
independen dalam penelitian ini adalah Bauran Pemasaran Jasa yang Diperluas
(Extended Marketing Mix), yang terdiri dari orang (X1), bukti fisik (X2) dan
proses (X3), sedangkan variabel dependennya adalah Keinginan
Merekomendasikan untuk Kuliah (Y). Hipotesis yang diajukan adalah: “Secara
parsial dan simultan, bauran pemasaran yang diperluas, yang terdiri dari faktor
orang (people), bukti fisik (physical evidence), dan proses (process) berpengaruh
terhadap keinginan mahasiswa untuk merekomendasikan kuliah pada STIE
Ekuitas”. Statistik uji hipotesis yaitu analisis jalur.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan, bahwa bauran pemasaran yang
diperluas pada STIE Ekuitas sudah dilaksanakan dengan baik. Sebagian besar
mahasiswa juga memiliki keinginan untuk merekomendasikan kuliah pada STIE
Ekuitas. Pengujian hipotesis menghasilkan persamaan struktural sebagai berikut:
Y = 0.30*X1 + 0.54*X2 + 0.017*X3 + Errorvar.= 0.53, R² = 0.47. Koefisien jalur
yang ditemukan menunjukkan bahwa masing-masing sub variabel independen
berpengaruh positif dengan keinginan mahasiswa untuk merekomendasikan
kuliah pada STIE Ekuitas. Masing-masing koefisien yang ditemukan tersebut
signifikan pada dk=n-2, tingkat signifikansi 0.05 untuk uji dua sisi (two-tails test).
Besarnya pengaruh total masing-masing sub variabel yaitu: orang (people) sebesar
13,03%, bukti fisik (physical evidence) sebesar 33,45%, dan proses (process)
memiliki kontribusi yang sangat kecil atau tidak berarti yaitu sebesar 0,58%.
Secara simultan, masing-masing sub variabel bauran pemasaran yang diperluas
tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keinginan mahasiswa untuk
merekomendasikan kuliah pada STIE Ekuitas, yaitu dengan kontribusi sebesar
47%, dan sisa variasi sebesar 53% dijelaskan oleh faktor-faktor yang tidak diteliti.
Rekomendasi bagi manajemen STIE Ekuitas adalah untuk meningkatkan
faktor bukti fisik secara prioritas dengan peningkatan fasilitas-fasilitas belajar
yang ada. Bagi peneliti lain hendaknya dapat menguji beberapa faktor lain terkait
keinginan mahasiswa untuk merekomendasikan kuliah, yakni dengan menguji
secara lengkap 7P yang ada dalam bauran pemasaran jasa pendidikan. | en_US |
dc.publisher | Thesis Magister Management,Universitas Widyatama | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 1410017;014101 | |
dc.subject | Bauran Pemasaran yang Diperluas | en_US |
dc.subject | Bukti Fisik | en_US |
dc.subject | Proses | en_US |
dc.subject | Keinginan Merekomendasikan Kuliah | en_US |
dc.subject | Mahasiswa | en_US |
dc.subject | Extended Marketing Mix | en_US |
dc.subject | People | en_US |
dc.subject | Physical Evidence | en_US |
dc.subject | Process | en_US |
dc.subject | Willingness to Recommend a Student Studying | en_US |
dc.subject | University Student | en_US |
dc.title | Pengaruh Bauran Pemasaran Yang Diperluas (Extended Marketing Mix) Terhadap Keinginan Mahasiswa Untuk Merekomendasikan Kuliah Pada STIE Ekuitas Di Bandung | en_US |
dc.title.alternative | The Influence Of Extended Marketing Mix On The Willingness To Recommend A Student Studying In STIE Ekuitas In Bandung | en_US |