Design And Visual Communication
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
Now showing 1 - 5 of 204
- ItemPERANCANGAN ASSET GAME CARBORUNDUM(Program Studi Desain Grafis, Universitas Widyatama, 2022) Riyanto, Unggul NugohoGame development merupakan proses menciptakan dan mengembangkan video game yang berkaitan dengan perancangan konsep game, visual pada game, dan bagaimana strategi untuk membujuk pemain memainkan game yang di konsep. Dalam game development terdapat komponen yang dapat membangun kualitas dan media penyampaian gagasan game yang dikonsep, yaitu Game Asset. Sebuah game memiliki asset yang berhubungan dengan karakter, objek, environment, dan musik. Sehingga proses development game akan sulit terealisasikan jika belum memiliki sebuah game asset. Game Carborundum merupakan game yang sedang di development oleh Indie developer bernama Dazzling Dreamer, perancangan ini berupa desain spritesheet game yang merupakan asset game visual yang mampu menggambarkan konsep game. Perancangan ini menggunakan gaya gambar pixel art, yaitu tahapan simplifikasi dari asset realis kedalam bentuk tingkatan pixel. Dengan dibuatnya perancangan ini semoga gagasan mereka yang terdapat di Game Design Document dapat diterima oleh pemain yang akan memainkan game mereka.
- ItemPERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI PETAMBAK UDANG “EFARM”(Program Studi Desain Grafis, Universitas Widyatama, 2022) Ma’arief, SyamsuleFishery didirikan pada tahun 2013 merupakan sebuah startup teknologi akuakultur pertama di Asia yang mengembangkan inovasi di bidang akuakultur. eFishery mendisrupsi metode budidaya perikanan tradisional dan memberikan solusi mutakhir dalam ekosistem akuakultur dengan menawarkan platform end-toend yang menyediakan akses pakan, pembiayaan, hingga pasar bagi petani ikan dan udang. eFishery juga bertujuan untuk membangun ekosistem akuakultur di Indonesia yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga berkelanjutan bagi petani, dan pembeli. Pada tahun 2020, ada sekitar 811 juta orang yang harus menghadapi kelaparan. Bahkan sebelum pandemi dimulai, sekitar 660 juta orang akan diperkirakan menghadapi kelaparan pada tahun 2030. Sebagai salah satu industri yang paling berkembang, akuakultur dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ketahanan pangan. Dengan besarnya potensi ini maka sangat penting bagi eFishery untuk mengembangkan aplikasi bagi petambak udang ini, yang dimulai dengan melakukan riset terhadap kebutuhan para petambak, hingga membuat rancangan akhir terhadap desain user interface aplikasi tersebut.
- ItemPERANCANGAN ULANG BRAND IDENTITY DAN KEMASAN NOIR SOAP(Program Studi Desain Grafis, Universitas Widyatama, 2022) Megantara, Sarati NadalaPerancangan ulang Brand Identity dan kemasan ini bertujuan untuk me- rebranding desain atau merek yang sudah ada menjadi suatu perubahan yang menghasilkan desain yang tepat sesuai teori yang didapat, yang di harapkan dapat menjadi acuan dan pembelajaran mengenai Branding serta Packaging untuk suatu produk agar diminati banyak konsumen. Perancangan ini tertuju pada acuan teori desain grafis, komunikasi visual, komunikasi pada media sosial, brand identity, dan teori teori mengenai pembahasan desain atau logo. Berdasarkan survey dan observasi pada client maka dapat disimpulkan bahwa perlu adanya perubahan dari segi warna, logo, packaging yang dapat di sesuaikan oleh pilihan client itu sendiri. Dan atas persetujuan client pada perubahan pada brand nya maka perancangan akan dirancang sesuai dengan kententuan. Pada perancangan ini di buat menggunakan softwere salah satu nya Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop. Selain peracngan pada desain logo serta packaging maka ada perancangan pada media promosi yang menggunakan feeds di media sosial yaitu Instagram menyesuaikan dengan ke efektifitas pada zaman sekarang.
- ItemRE-BRANDING MEREK BANDAR AYAM DI BANDUNG(Program Studi Desain Grafis, Universitas Widyatama, 2021) Renaldi, Rikifaktor penentu penjualan produk karena dari nama dan logo konsumenmengetahui siapa produsen barang atau jasa yang mereka beli. Masyarakat dengan cepat dapat melihat atau mengingat identitas perusahaan, namun dibutuhkan waktu cukup lama dan biaya besar bagi perusahaan untuk membangun citra mereka. Identitas merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan pembentukan citra perusahaan di masyarakat. Identitas perusahaan yang baik dan kuat merupakan prasyarat membangun citra baik perusahaan di kemudian hari. Rebranding yaitu menciptakan suatu nama yang baru, istilah, simbol, desain, atau suatu kombinasi kesemuanya untuk satu brand yang tidak dapat dipungkiri dengan tujuan dari mengembangkan diferensiasi (baru) posisi di dalam pikiran dari masyarakat dan pesaing. Rancangan ini dibuat untuk meningkatkan daya tarik konsumen juga brand awareness dan mengubah pandangan masyarakat bahwa usaha ini menjual Fried Chicken siap saji. Dalam perancangan ini dibagi menjadi 4 tahap yaitu pengumpulan data, mencari referensi, perancangan digital, dan evaluasi. Hasil dari rancangan ini adalah nama dan logo baru yang lebih menarik dan mudah di ingat oleh masyarakat, konsumen dan stakeholder. Dengan dibuatnya penelitian atau perancangan ini diharapkan dapat membantu Bandar Ayam dalam meningkatkan daya tarik konsumen juga agar lebih mudah di ingat oleh masyarakat. Kesimpulan yang di dapat oleh penulis setelah membuat laporan tugas akhir ini adalah senuah pengalaman dan ilmu yang sangat bernilai saat menghadapi klien, mempunyai pengalaman bertanggung jawab yang besar.
- ItemPERANCANGAN ILUSTRASI UNTUK BUKU DIGITAL PERMAINAN TRADISIONAL JAWA BARAT(Program Studi Desain Grafis, Universitas Widyatama, 2022) Yanti, RikaTugas Akhir ini berjudul Perancangan Ilustrasi untuk Buku Digital Permainan Tradisional Jawa Barat. Permasalahan yang penulis angkat adalah bagaimana merancang ilustrasi permainan tradisional Jawa Barat untuk buku digital yang menarik agar disukai oleh anak-anak usia 9-13 tahun. Permainan anak-anak semakin modern seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat setiap harinya. Kehadiran permainan tradisional semakin tidak terlihat di dalam kehidupan masyarakat terutama anak-anak. Padahal tercatat ada sekitar 2.600 permainan tradisional di Indonesia dan 360 diantaranya berasal dari Jawa Barat. Namun media edukasi dan publikasi yang lengkap dan menarik terkait permainan tradisional jumlahnya sangatlah terbatas. Oleh karena perlu dibuat sebuah media untuk meningkatkan wawasan bacaan anak-anak akan referensi budaya daerah yang bermanfaat bagi pendidikan dan pengembangan karakter anak-anak. Perancangan ini meliputi informasi berupa deskripsi, visualisasi dan cara memainkan permainan-permainan tradisional Jawa Barat dalam bentuk buku digital