PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PRICE TERHADAP SUBSCRIBE INTENTION SVOD AMAZON PRIME VIDEO PADA GENERASI Y DAN Z DI INDONESIA
Loading...
Date
2022
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Era digital yang semakin berkembang menumbuhkan berbagai alternatif pemenuhan kebutuhan bagi sebagian besar individu, salah satunya dalam memenuhi kebutuhan hiburan atau entertainment needs dengan mengkonsumsi video melalui layanan media digital. Layanan ini dikenal dengan sebutan Subscription Video on Demand (SVOD), sebagai layanan berbayar yang menyajikan konten multimedia yang dapat diputar ulang sesuai permintaan pelanggan (on demand) serta dapat diakses melalui perangkat personal seperti handphone, tablet, laptop, dan lainnya secara flexible dimanapun dan kapanpun. Oleh sebab itu, banyak pelaku bisnis yang mulai memanfaatkan peluang tersebut, salah satunya Amazon Prime Video. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari brand awareness dan price terhadap subscribe intention SVOD Amazon Prime Video pada generasi Y dan Z di Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan jumlah sampel sebanyak 115 responden. Data diperoleh melalui kuesioner, wawancara, observasi dan studi literatur serta analisis data menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand awareness dan price berpengaruh simultan terhadap subscribe intention. Jika dilihat secara parsial, brand awareness berpengaruh terhadap subscribe intention serta price pun berpengaruh terhadap subscribe intention. Brand awareness dan price berkontribusi terhadap subscribe intention sebesar 48,7% sedangkan sisanya sebesar 51,3% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain diluar penelitian ini.
Description
Keywords
Brand Awareness, Price, Subscribe Intention, SVOD, Amazon Prime Video