PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDY KASUS PADA BANGTAN SONYEONDAN DAN TOKOPEDIA)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2021
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian berjudul “Pengaruh BTS (Bangtan Sonyeondan) dan brand image Tokopedia Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen”. Berdasarkan TBI Tokopedia mengalami kondisi fluktuatif pada 3 tahun terkhir dari 2018 - 2020. Tujuan Penelitian untuk mengetahui bagaimana tanggapan responden tentang penggunaan BTS sebagai Brand Ambassador, Brand Image Tokopedia serta proses Keputusan Pembelian konsumen di Tokopedia, juga untuk mengetahui apakah Brand Ambassador dan Brand Image secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif & verifikatif. Penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan jumlah sampling yaitu 150 responden kepada responden yang menggunakan Tokopedia juga memilki ketertarikan terhadap boy group BTS. Dengan menggunakan metode analisis pendekatan kuantitatif yang terdiri dari dua variabel independent yaitu variabel Brand Ambassador dan Brand Image, dan satu variabel dependent yaitu Keputusan Pembelian Konsumen. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh nilai sebagai berikut: 1) nilai koefisien determinasi variabel Brand Ambassador memperoleh nilai sebesar 7,84 % terhadap keputusan pembelian dan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen sebesar 3,54828. 2) nilai koefisien determinasi variabel Brand Image memperoleh nilai sebesar 36,48 % dan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses Keputusan Pembelian Konsumen sebesar 9,21973. Sedangkan nilai tersebut dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak di teliti. Berdasarkan hasil analisis tersebut peneliti merekomendasikan, Tokopedia perlu utnuk mefasilitasi kegiatan, campaign atau konten BTS sebagai Brand Ambassador untuk meningkatkan tagline Tokopedia “selalu ada selalu bisa”. Serta meningkatkan Brand image Tokopedia dengan keragaman fitur produk yang tidak dimilki oleh e-commerce lain.
Description
Keywords
Brand Ambassador, Brand Image, Keputusan Pembelian, Brand Ambassador, Brand Image, Purchase Decision.
Citation