PENGARUH PROFITABILITAS PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2020)
Loading...
Date
2022
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Akuntansi, Universitas Widyatama
Abstract
CSR mengubah orientasi perusahaan bukan hanya ekonomi melainkan berkontribusi sosial dan lingkungan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan CSR. Hipotesis penelitian ini, apakah profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan atau tidak terhadap pengungkapan CSR secara parsial maupun simultan. Data yang digunakan adalah data sekunder, dengan purposive sampling diperoleh 8 perusahaan.
Hasil penelitian, menunjukan profitabilitas berpengaruh tidak signifikan dan leverage berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Secara simultan variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Pengungkapan CSR sesuai dalam teori stakeholder dan teori legitimasi.
Description
Keywords
Corporate Social Responsibilty, Leverage, Profitabilitas, Teori Legitimasi, Teori Stakeholder, Profitability, Legitimacy Theory, Stakeholder Theory