PENGARUH STRUKTUR MODAL PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)
Loading...
Date
2021
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Akuntansi, Universitas Widyatama
Abstract
Perusahaan mempunyai tujuan jangka Panjang yaitu mengoptimalkan kemakmuran pemegang saham. Mengoptimalkan kemakmuran pemegang saham dapat ditempuh dengan memaksimalkan nilai sekarang dan yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel sebanyak 7 perusahaan sektor barang konsumsi subsektor farmasi. Data penelitian ini merupakan data sekunder diperoleh dari www.idx.co.id tahun 2016-2020. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan mempunyai hubungan terhadap nilai perusahaan. Struktur modal dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. . Dalam peningkatan nilai perusahaan supaya lebih memperhatikan dan mengamati struktur modal dengan penggunaan dana yang lebih optimal sehingga menghasilkan profitabilitas dan ukuran perusahaan yang tinggi di masa mendatang.
Description
Keywords
Nilai perusahaan, Profitabilitas, Struktur modal, Ukuran perusahaan, Capital structure, Company size, Company value, Profitability