ANALISIS KINERJA SISTEM ANTRIAN MODEL MULTI CHANNEL MULTI PHASE PADA PERUSAHAAN JASA SERVIS KENDARAAN RODA EMPAT (Studi Kasus PT. X Mobilindo)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2021
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Widyatama
Abstract
PT. X Mobilindo bergerak dibidang jasa servis kendaraan roda empat yang memiliki tiga tahap antrian yaitu tahap pertama antrian estimasi biaya servis, tahap kedua antrian proses servis dan tahap ketiga antrian cuci kendaraan dengan model antrian (M/M/c):(FCFS/∞/∞/) dan menggunakan disiplin antrian first come first out. Untuk mengetahui pola distribusi waktu kedatangan dan waktu pelayanan ditiap tahapan antrian diuji menggunakan uji Chi Kuadrat dengan nilai χ2 hitung kedatangan masing-masing tahapan secara berurutan yaitu 20,3279; 19,2985 dan 9,8728 lebih kecil dari nilai χ2 tabel 49,8019 sehingga hipotesis diterima yang artinya pola waktu kedatangan berdistribusi Poisson, sedangkan χ2 hitung waktu pelayanan masing-masing tahapan secara berurutan yaitu 6,5916; 41,1071 dan 3,4289 lebih kecil dari nilai χ2 tabel 49,8019 sehingga hipotesis diterima yang artinya pola waktu pelayanan berdistribusi Eksponensial. Sistem antrian tahap pertama sudah optimal menggunakan 2 fasilitas pelayanan dengan nilai steady-state 0,48 dan rata-rata waktu yang dihabiskan pelanggan dalam antrian selama 0,09 jam, sedangkan sistem antrian tahap kedua menggunakan 8 fasilitas pelayanan juga dikatakan optimal dengan nilai steady-state 0,52 dan rata-rata waktu yang dihabiskan pelanggan dalam antrian selama 0,04 jam begitu pula dengan hasil pada sistem antrian tahap ketiga dengan 2 fasilitas pelayanan memiliki nilai steady-state 0,48 dikatakan optimal karena memenuhi keadaan steady-state, sehingga dapat dikatakan sistem antrian PT. X Mobilindo memiliki sistem antrian yang sudah optimal.
Description
Keywords
multi channel-multi phase, teori antrian, uji Chi Kuadrat., multi channel-multi phase, queuing theory , Chi quadrat test.
Citation