PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS (Studi Pada Pengguna E-Commerce di Universitas Widyatama)
Loading...
Date
2022
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen S2 Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
brand ambassador terhadap brand image e-commerce, dan pengaruh brand
ambassador terhadap brand awareness e-commerce. Metode penelitian dalam
penelitian ini menggunakan analisis metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh mahasiswa Magister Manajemen di Universitas Widyatama
Bandung dengan sampel sebanyak 100 sampel. Teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Metode analisis menggunakan
Structural Equation Modelling (SEM). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
bahwa variabel brand Ambasador untuk mengenalkan dan mengiklankan ecommerce
memiliki perspektif yang baik, variabel brand image e-commerce
berdasarkan kekuatan (strenghtness), keunikan (uniqueness), dan keunggulan
(favourable) memiliki perspektif yang baik, dan variabel Brand Awareness ecommerce
berdasarkan unware of brand, brand recognition, brand recall, dan top
of mind memiliki perspektif yang baik. Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan brand ambassador terhadap brand image e-commerce,
dan terdapat pengaruh yang signifikan brand ambassador terhadap brand
awareness e-commerce. Artinya semakin baik brand ambassador dalam
mempromosikan produk, maka akan semakin meningkatkan brand image dan
brand awareness pada perusahaan e-commerce tersebut.
Description
Keywords
Brand Ambassador, Brand Image, Brand Awareness, e-Commerce