IDENTIFIKASI KUNCI SUKSES MARKETPLACE DARI PERSEPSI PELANGGAN DI INDONESIA TAHUN 2021
Loading...
Date
2022
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen S2 Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Pada era industri 4.0 di Indonesia, perkembangan internet semakin terus meningkat. Berdasarkan data survei yang dilakukan oleh APJII (Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia) pada tahun 2018 penetrasi pengguna internet mencapai 171.17 juta dan mengalami peningkatan di tahun 2019 sebesar 8.9%, sehingga menjadi 196.71 juta atau 73.3% dari 266.91 juta penduduk Indonesia. Ini menunjukan tingginya penggunaan internet dan potensi di dalamnya, ditandai dengan munculnya beberapa perusahaan startup di Indonesia yang mencapai 2.284 berdasarkan Startup Rengking pada bulan September 2021. Sedangkan hasil riset CB Insights hingga bulan Juli 2021 bertajuk The Complete List Of Unicorn Companies memaparkan startup Indoneisa berstatus unicorn diantaraya Tokopedia dan Bukalapak. Peneliti mengambil kasus terkait marketplace yang menjadikan 2 startup Indonesia masuk kedalam jajaran unicorn. Pada tahun 2021 di tengah pandemi covid-19 bisnis perdagangan berbasis digital diproyeksi tumbuh 33,2% dari 2020 yang mencapai Rp253 triliun menjadi Rp337 triliun, dikutip dari situs Indonesia.go.id. Pertumbuhan perusahaan marketplace menjadikan persaingan perusahaan semakin ketat, sehingga terjadi sebuah perubahan penggunaan aplikasi marketplace di masyarakat, perubahan tersebut menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahasa dan diteliti, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat menarik pengguna aplikasi marketplace di Indonesia. Peneliti membuat sebuah penelitian sederhana dengan pendekatan deskriptif, menggunakan metode convenience sampling, dengan pengukuran data melalui kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat, khususnya diwilayah Jawa Barat, terkait data analisa peneliti menggunakan metode interaksi analis model. Hasil penelitian ini mendapatkan sebuah kesimpulan yang menjadi faktor-faktor dalam menarik pengguna aplikasi marketplace yaitu kemudahan dalam penggunaan aplikasi, kelengkapan produk, adanya layanan kredit, kemudahan dalam proses pembayaran, kelengkapan metode pembayaran dan adanya layanan khusus promosi, serta berdasarkan hasil penelitian kanal pemasaran yang terbaik adalah dari media sosial.
Description
Keywords
Kunci sukses, Aplikasi Marketplace, Aplikasi Shopee, Tokopedia, Key to success, Marketplace Application, Shopee Application, Tokopedia.