PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI JASA MELALUI KEUNGGULAN BERSAING DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada 5 Perusahaan Jasa Kurir terbaik dan Terpercaya di Bandung)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Akuntansi S2 Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Persaingan jasa kurir ini sangat ketat, fenomena kurir dari aplikasi transportasi seperti Go-Box dan Grab Express turut menggeluti bisnis ini. Berdasarkan prediksi Supply Chain Indonesia (SCI) usaha jasa logistic tahun 2019 akan meningkat sebesar 11, 56 % dari tahun 2018, namun ternyata terhitung 1 Januari 2019 terdapat kenaikan tarif Satuan Muatan Udara (SMU) oleh pihak airlines sebesar 120-350 %, Asperindo pun turut menaikkan tarif sebesar 20 %. Kenaikan ini berdampak pada ongkos kirim lebih mahal dari produknya , penurunan pesanan turun menjadi 30-40 % dan puncaknya 4 perusahaan mengalami gulung tikar. Oleh sebab itu peneliti ingin melakukan penelitian terhadap pertumbuhan kinerja perusahaan jasa kurir di Bandung dengan menguji variabel orientasi pasar, inovasi jasa dan keunggulan bersaing sebagai faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian dilakukan pada 5 perusahaan jasa kurir terbaik di Bandung dengan mengambil manajer sebagai populasinya. Sampel responden sebanyak 35 orang jumlah karyawan yang terdata. Dengan menerapkan (Partial Least Square) PLS menggunakan alat SmartPLS V.3.2.8 didapatkan kesimpulan bahwa orientasi pasar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, inovasi jasa mempunya pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan.
Description
Keywords
Jasa Kurir, Orientasi Pasar, Inovasi Jasa, Keunggulan Bersaing, Kinerja Perusahaan
Citation
Collections