PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE UNTUK REKOMENDASI PROMOSI PRODUK DAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN CROSS-SELLING PRODUK
Abstract
Perkembangan dalam dunia bisnis telah menimbulkan persaingan pada setiap pelaku bisnis dalam mengelola perusahaannya, apalagi dengan adanya teknologi informasi yang semakin berkembang. Saat ini perusahaan dituntut untuk memiliki cara agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya dalam pemasaran dan penjualan sebuah produk, karena itu setiap perusahaan perlu menerapkan strategi pemasaran yang sekiranya akan memberikan keuntungan kepada perusahaan.
Salah satu strategi pemasaran yang dapat memberikan keuntungan kepada perusahaan yaitu dengan menerapkan konsep CRM yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Dari konsep tersebut, dibuat sebuah sistem untuk menentukan rekomendasi promosi produk dengan metode Association Rule dan Penentuan strategi cross-selling terhadap produk menggunakan sistem pendukung keputusan dengan metode TOPSIS.
Sistem yang dibangun berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework CodeIgniter dapat membantu menentukan kombinasi produk yang akan diterapkan strategi cross-selling. Penerapan metode Association Rule dapat memberikan rekomendasi promosi produk berdasarkan data transaksi penjualan. Kemudian penerapan metode TOPSIS dapat menentukan kandidat terbaik, dari hasil metode sebelumnya, untuk diterapkan cross-selling dengan nilai preferensi tertinggi berdasarkan kriteria dan penilaian kandidat.
Collections
- Informatics - Bachelor [519]