PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS SISTEM, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA E-LEARNING UNIVERSITAS WIDYATAMA ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Widyatama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen S1 Reguler A Angkatan 2017 )
No Thumbnail Available
Date
2020
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1, Universitas Widyatama
Abstract
E-learning merupakan suatu cara pembelajaran baru di era modern ini,
banyak sekali sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi yang menerapkan cara
pembelajaran baru ini, salah satunya adalah Universitas Widyatama Bandung.
Dalam kesempatan penyebaran pra-kuesioner meunjukan adanya beberapa temuan
tentang kualitas e-learning yang ditujukan kepada mahasiswa Universitas
Widyatama angkatan 2017 fakultas ekonomi dan bisnis proram studi manajemen
S1 reguler A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
layanan, kualitas sistem, dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna
e-learning Universitas Widyatama dengan menghubungkan permasalahan
penelitian ini dengan model kesuksesan sistem informasi DeLone and McLean.
Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah mahasiswa Universitas Widyatama angkatan 2017 fakultas ekonomi dan
bisni program studi manajemen S1 reguler A dengan menggunakan metode
penentuan sampel rumus slovin dan sampel yang digunakan peneliti berjumlah 86
sampel. Tekik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah probability
sampling. Pengolahan data dilakukan dengan uji asumsi klasik, analisis koefisien
kolerasi, analisis koefisien determinasi, uji regresi berganda dan pengujian
hipotesis (Uji t dan Uji f). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat
disimpulan bahwa terdapat hubungan cukup kuat antara kualitas layanan terhadap
kepuasan pengguna, dan terdapat hubungan cukup kuat antara kualitas sistem
terhadap kepuasan pengguna, juga terdapat hubungan cukup kuat antara kualitas
informasi terhadap kepuasan pengguna. Hasil penelitian ini juga menunjukan
pengaruh cukup kuat antara ketiga variabel independen terhadap variabel
dependen , dapat diartikan bahwa adanya hubungan yang cukup kuat antara
kualitas layanan (X1), kualitas sistem (X2) dan kualitas informasi (X3) secara
simultan dengan kepuasan pengguna (Y).
Description
Keywords
Kualitas Layanan, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna, service quality, system quality, information quality, user satisfaction