ANALISIS KUALITAS PELAYANANAN PERBENDAHARAAN PADA KPPN BANDUNG I DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
Loading...
Date
2020
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Tugas dan fungsi KPPN adalah menjalankan amanat perundang-undangan dalam
hal pelaksanaan APBN, yaitu pelaksanaan pembayaran gaji pegawai Negeri Sipil (PNS)
Pusat, Anggota TNI, Anggota POLRI, proyek infrstuktur pemerintah yang didanai
APBN, bantuan sosial, hibah, Dana Desa, Dana Alokasi Khusus dan lain sebagainya,
oleh karena itu KPPN Bandung I perlu meningkatkan kualitas pelayanannya dalam
memenuhi dan memuaskan kebutuhan satuan kerja.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini guna meningkatkan kualitas
pelayanannya adalah dengan metode QFD (Quality Function Deployment) dengan alat
bantu berupa HoQ (House of Quality). Metode QFD ini bertujuan untuk mengetahui
kebutuhan nasabah dan bagaimana respon teknis KPPN untuk memenuhi kebutuhan
stakeholder. Serta respon teknis mana yang harus diprioritaskan guna meningkatkan
kualitas pelayanan.
Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan yang menjadi prioritas tertinggi adalah
atribut kesesuaian waktu dengan jenis layanan, kualitas output layanan dan kualitas
pelayanan Sedangkan respon teknis yang harus menjadi prioritas KPPN dalam
meningkatkan kualitasnya adalah penyesuaian kebutuhan stakeholder, penambahan tim
penilaian dan pengadaan tim survey.
Description
Keywords
Kualitas, Quality Function Deployment, House of Quality, Quality