ANALISIS KUALITAS PELAYANANAN PERBENDAHARAAN PADA KPPN BANDUNG I DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Tugas dan fungsi KPPN adalah menjalankan amanat perundang-undangan dalam hal pelaksanaan APBN, yaitu pelaksanaan pembayaran gaji pegawai Negeri Sipil (PNS) Pusat, Anggota TNI, Anggota POLRI, proyek infrstuktur pemerintah yang didanai APBN, bantuan sosial, hibah, Dana Desa, Dana Alokasi Khusus dan lain sebagainya, oleh karena itu KPPN Bandung I perlu meningkatkan kualitas pelayanannya dalam memenuhi dan memuaskan kebutuhan satuan kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini guna meningkatkan kualitas pelayanannya adalah dengan metode QFD (Quality Function Deployment) dengan alat bantu berupa HoQ (House of Quality). Metode QFD ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan nasabah dan bagaimana respon teknis KPPN untuk memenuhi kebutuhan stakeholder. Serta respon teknis mana yang harus diprioritaskan guna meningkatkan kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan yang menjadi prioritas tertinggi adalah atribut kesesuaian waktu dengan jenis layanan, kualitas output layanan dan kualitas pelayanan Sedangkan respon teknis yang harus menjadi prioritas KPPN dalam meningkatkan kualitasnya adalah penyesuaian kebutuhan stakeholder, penambahan tim penilaian dan pengadaan tim survey.
Description
Keywords
Kualitas, Quality Function Deployment, House of Quality, Quality
Citation
Collections