IMPLEMENTASI LEAN STARTUP METHODOLOGY DALAM MEMINIMALISIR RESIKO DAN MERAIH PEMBELAJARAN PADA DIGITAL MARKETING VIA INSTAGRAM/FACEBOOK ADS (Studi Kasus pada Perusahaan Osbert English Club)
Loading...
Date
2020
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Kurangnya kesadaran akan manajemen resiko merupakan salah satu penyebab kegagalan terbesar pada sebuah perusahaan. Oleh karena itu berbagai macam metoda digunakan untuk meminimalisir resiko tersebut, khususnya pada divisi pemasaran melalui media digital. Metoda yang diimplementasikan peneliti pada perusahaan Osbert English Club adalah lean startup methodology. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Pengaruh lean startup methodology menggunakan analisa uji multivariat untuk memperkecil resiko dalam pemilihan elemen iklan digital marketing yang paling relevan bagi para customer (2) Pengaruh lean startup methodology menggunakan analisa batch kecil dalam pembuatan funnel iklan untuk mendeteksi halaman website yang kurang efektif pada proses pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati hasil data iklan digital pada dashboard Facebook ads yang sudah diimplementasikan dengan lean startup methodology, lalu mengolah hasil data tersebut menjadi dasar pemilihan elemen iklan terbaik bagi para konsumen, dan mengevaluasi halaman website yang kurang efektif di dalam proses pembelian berdasarkan hasil data dari fitur pixel yang sudah ditanam. Hasil penelitian dengan analisa uji multivariat menunjukkan iklan yang paling relevan pada perusahaan Osbert English Club untuk fokus pada pemilihan target customer terbaik yaitu menargetkan customer yang bersumber dari website berikut lookalike datanya dengan nilai CTR sebesar 2,01%, platform terbaik yaitu melalui platform Facebook dengan nilai CTR sebesar 0,2%, gender terbaik yaitu tidak ada dominasi gender pada jasa yang ditawarkan terlihat perbedaan nilai CTR hanya sebesar 0,02%, desain iklan terbaik yaitu menggunakan desain dengan objek para trainer dengan nilai CTR sebesar 0,26%, dan kata-kata pembuka terbaik yaitu menggunakan teknik WHOA dengan nilai CTR sebesar 0,28%. Sedangkan hasil untuk analisa batch kecil pada website perusahaan menunjukkan ketidakefektifan pada halaman detail program yang ditawarkan (website content views) melihat ada penurunan data customer sebesar 92% sebelum customer memutuskan untuk masuk ke halaman formulir data pribadi (website leads).
Description
Keywords
Lean Startup Methodology, Pemasaran Digital, Analisa Uji Multivariat, Analiat Batch Kecil, Manajemen Resiko, Digital Marketing, Multivariate Test Analysis, Small-Batch Analysis, Risk Management