EXPERIENTIAL MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada Objek Wisata PARALAND Majalengka)
Loading...
Date
2019
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Tingginya tingkat keinginan seseorang dalam berwisata membuat pengelola destinasi wisata saling berlomba untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas destinasi wisata dalam rangka mendukung tercapainya target kunjungan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presepsi wisatawan dan pengaruh experiential marketing, brand image, kepuasan dan loyalitas wisatawan pada objek wisata Paraland. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung objek wisata Paraland Majalengka, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dan diperoleh sampel sebanyak 115. Teknik analisis data menggunakan skala likert dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis angka indeks untuk variabel experiential marketing mendapatkan penilaian dalam kategori baik, brand image berada pada kategori cukup baik, kepuasan berada pada kategori cukup puas dan loyalitas pelanggan termasuk dalam kategori loyal. Hasil perhitungan regresi linier berganda experiential marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, dengan pengaruh langsung sebesar 26,7%. Brand image berpengaruh signifikan terhadap loyalitas wisatawan, dengan pengaruh langsung sebesar 30,2%. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, dengan pengaruh langsung sebesar 34,8%. Experiential marketing dan brand image secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas wisatawan, besarnya pengaruh yaitu sebesar 32,7%. Kepuasan sebagai variabel moderating memperkuat pengaruh experiential marketing dan brand image terhadap loyalitas wisatawan, experiential marketing meningkat sebesar 36,8% dan brand image meningkat menjadi 38,7%. Untuk meningkatkan kesan yang mendalam pada wisatawan, Paraland dapat maksimalkan penggunaan pendekatan experiential marketing dengan menciptakan taman bermain yang unik dan menarik serta mengoptimalkan branding untuk membentuk presepsi yang kuat di masyarakat, untuk mendukung keduanya diperlukan upaya untuk meningkatkan kepuasan dengan melakukan peningkatan kualitas jasa yang diberikan, diharapkan upaya-upaya tersebut dapat mendorong loyalitas wisatawan.
Description
Keywords
Experiential Marketing, Brand Image, Kepuasan, Loyalitas, Satisfaction, Loyalty