PENGARUH PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT MASYARAKAT UNTUK MELAKUKAN REQUEST LAGU DANGDUT KLASIK DI RADIO RAMA FM BANDUNG
Loading...
Date
2020
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Radio Rama FM Bandung merupakan salah satu radio yang menyiarkan tayangan dangdut dengan berbagai genre, mulai dari dangdut klasik, koplo, hingga EDM. Selain itu, Rama FM juga sering melakukan promosi dengan menggunakan berbagai media baik itu offline ataupun online. Citra Rama FM sendiri di kalangan masyarakat terhitung bagus atau positif, karena Rama FM sering mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat di dalamnya, dan radio ini merupakan salah satu radio dangdut yang sudah berdiri cukup lama. Namun, minat masyarakat untuk melakukan request lagu dangdut klasik terhitung masih sedikit dan masih di dominasi oleh dangdut koplo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari promosi dan citra terhadap minat masyarakat untuk melakukan request lagu dangdut klasik di radio Rama FM Bandung. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 122 orang responden yaitu masyarakat pendengar radio Rama FM. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan verifikatif. Dan data yang di dapat dari analisa menggunakan program SPSS, Lisrel atau analisis jalur yaitu untuk mengetahui hubungan langsung antar variabel dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel promosi berpengaruh secara signifikan terhadap minat, tetapi variabel citra tidak berpengaruh signifikan. Namun, secara bersama-sama variabel promosi dan citra berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk melakukan request lagu dangdut klasik di radio Rama FM Bandung.
Description
Keywords
Promosi, Citra Merek, dan Minat., Promotion, Brand Image, and Interest