PERENCANAAN BISNIS TOKO KAIN TEX.BOSS DI KOTA BANDUNG

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produksi baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Tekstil merupakan bahan mentah yang dapat dikelola menjadi suatu pakaian yang mempunyai nilai financial dan konsumtif dalam kehidupan, seperti pembuatan baju. Contohnya model baju hijab dari anak-anak sampai dewasa untuk semua kalangan. Selain itu tekstil merupakan sarana penting sebagai salah satu faktor pendukung untuk memperoleh suatu produksi yang diminati oleh masyarakat. Salah satu sektor yang memiliki keunggulan bagi Indonesia di kawasan Asia Tenggara adalah tekstil. Bisnis fashion saat ini sangat berpeluang baik dan pada zaman sekarang trend fashion sedang marak-maraknya dikalangan kaum wanita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pengembangan usaha kain tekstil dan bagaimana strategi-strategi untuk dapat berhasil. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara jelas sistematis dan akurat mengenai perencanaan bisnis ini membandingkan pada kriteria Timmons dan Business Model Canvas. Sedangkan jenis menggunakan data primer dan skunder dengan teknik pengumpulan menggunakan observasi, dukumentasi, dan studi literatur. Hasil menunjukan bahwa usaha Produk TEX.BOSS merupakan usaha yang layak dan berpotensi tinggi untuk dijalankan dilihat dari NPV, ROI, dan Payback Period yang dihasilkan.
Description
Keywords
Perencanaan Pengembangan Bisnis, Timmons, Business Model Canvas dan Tekstil, Business Development Planning, Timmons, Business Model Canvas and Textiles
Citation