BUSINESS PLAN START UP PADA STUDIO FOTO “ABADI FOTO 202 BANDUNG”
No Thumbnail Available
Date
2020
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1, Universitas Widyatama
Abstract
Bussiness Plan adalah dokumen tertulis yang menjelaskan tentang gambaran bisnis yang akan dijalankan dari awal hingga akhir yang berisi tentang perencanaan pemasaran, permodalan, manufaktur, dan sumber daya manusia, guna memahami potensi, resiko dan kesempatan yang akan diambil. Abadi foto 202 merupakan suatu usaha yang bergerak dibidang fotografi berbasis studio foto yang selain menawarkan jasa foto juga melayani percetakan dan penjualan barang. Pasar dari Abadi foto 202 ini secara umum adalah semua elemen lapisan masyarakat baik dari segi gender, usia, maupun pekerjaaan, namun yang menjadi target pasar atau segmentasinya adalah masyarakat dalam rentang umur 15 tahun sampai 64 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran lingkungan usaha pada Abadi foto 202 dan membandingkannya pada kriteria Timmons. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi literature. Uji kelayakan usaha menggunakan kriteria kewirausahaan menurut Timmons. Berdasarkan hasil Quick Screen kriteria Timmons, usaha dari Abadi foto 202 ini termasuk dalam kondisi bisnis yang memiliki potensi tinggi dan layak untuk dijalankan. Hasil perhitungan proyeksi keuangan dengan estimasi penjualan 50 % pada tahun pertama, memperoleh hasil Payback Period discounted selama 1,7 tahun, NPV sebesar Rp 232.411.529, IRR sebesar 34,17 %, Gross Profit Margin sebesar 23,2% pada tahun pertama, Net Profit Margin sebesar 20,9 % pada tahun pertama dan ROI sebesar 44 % pada tahun pertama
Description
Keywords
Business Plan, Timmons, Studio foto