PENGARUH E-TRUST DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY PADA E-COMMERCE SHOPEE ( Studi Kasus pada Pengguna E-Commerce Shopee di Universitas Widyatama )
No Thumbnail Available
Date
2021
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1, Universitas Widyatama
Abstract
Seiring berkembangnya zaman serta pertumbuhan teknologi, perubahan cara belanja sangat terlihat drastis hal dari belanja langsung atau direct shopping menjadi belanja via e-commerce. Shopee merupakan salah satu perusahaan dalam bidang e-commerce yang terkemuka di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-trust dan e-service quality terhadap e-customer loyalty pada e-commerce Shopee di Universitas Widyatama. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu e-trust,dan e-service quality. Variabel dependen penelitian ini adalah e-customer loyalty. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna e-commerce di Universitas Widyatama dengan sampel 100 responden yang dipilih menggunakan metode non-probability sampling. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung ke responden. Metode statistik yang menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan pengujian hipotesis uji statistik F dan uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara statistik positif dan signifikan antara e-trust dan e-service quality secara parsial dan simultan terhadap e-custiomer loyalty pada pengguna e-commerce Shopee di Universitas Widyatama.
Description
Keywords
E-Trust, E-Service Quality, E-Customer Loyalty