PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014-2018
Loading...
Date
2020
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama
Abstract
Profitabilitas seringkali muncul sebagai dampak untuk membuat laporan
keuangan terlihat dengan performa terbaiknya yang akan dijadikan norma ukuran
bagi kesehatan perusahaan dan untuk memperkirakan seberapa banyak kemampuan
perusahaan untuk menghasilkan laba pada tingkat yang dapat diterima. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, Leverage, dan pertumbuhan
penjualan terhadap profitabilitas laba pada perusahaan sub sektor otomotif yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018 baik secara parsial maupun
secara simultan. Likuiditas pada penelitian ini diukur dengan cara pembagian aktiva
lancar dengan hutang lancar. Leverage pada penelitian ini diukur dengan Debt to
Equity Ratio. Pertumbuhan penjualan pada penelitian ini diukur dengan penjualan
tahun kemarin dikurangi penjualan tahun sekarang dibagi dengan penjualan tahun
sekarang. Penelitian ini menggunakan proksi Return On Equity untuk menghitung
profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor otomotif
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018 sebanyak 11 perusahaan.
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pemilihan sampel yang
digunakan adalah teknik purposive sampling dan diperoleh 11 perusahaan. Metode
analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan
menggunakan Eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio
berpengaruh terhadap profitabilitas, sedangkan current ratio dan sales growth tidak
berpengaruh terhadap profitabilitas.
Description
Keywords
Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas, Liquidity, Leverage, Sales Growth and Profitability