PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014-2018

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama
Abstract
Profitabilitas seringkali muncul sebagai dampak untuk membuat laporan keuangan terlihat dengan performa terbaiknya yang akan dijadikan norma ukuran bagi kesehatan perusahaan dan untuk memperkirakan seberapa banyak kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba pada tingkat yang dapat diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, Leverage, dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas laba pada perusahaan sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018 baik secara parsial maupun secara simultan. Likuiditas pada penelitian ini diukur dengan cara pembagian aktiva lancar dengan hutang lancar. Leverage pada penelitian ini diukur dengan Debt to Equity Ratio. Pertumbuhan penjualan pada penelitian ini diukur dengan penjualan tahun kemarin dikurangi penjualan tahun sekarang dibagi dengan penjualan tahun sekarang. Penelitian ini menggunakan proksi Return On Equity untuk menghitung profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018 sebanyak 11 perusahaan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan diperoleh 11 perusahaan. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio berpengaruh terhadap profitabilitas, sedangkan current ratio dan sales growth tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.
Description
Keywords
Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas, Liquidity, Leverage, Sales Growth and Profitability
Citation