PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK BIORE MEN’S FACIAL FOAM 100 GRAM DI KOTA BANDUNG

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract
Tersedia banyak jenis pembersih wajah pria yang dijual di pasaran. Masing-masing produk memiliki kandungan bahan yang berbeda dan memiliki keistimewaannya tersendiri. Peneliti memperoleh data bahwa konsumen lebih berniat untuk membeli produk Garnier Men’s Facial Foam 100 g, dibanding Biore Men’s Facial Foam 100 g. Berdasrkan data tersebut terlihat bahwa Biore Men’s Facial Foam 100 g kurang diminati oleh konsumen dibanding produk pesaing. Citra merek dan iklan diduga merupakan faktor yang mampu mempengaruhi niat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek dan iklan terhadap niat beli konsumen Biore Men’s Facial Foam 100 g. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini jenis penelitian survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang berniat membeli Biore Men’s Facial Foam 100 g di Kota Bandung. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non probability dengan purposive sampling, dengan jumlah sampel yaitu 115 responden. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, dan koefisien determinasi pada taraf siginifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel citra merek berpengaruh terhadap niat beli konsumen, dengan besar pengaruh variabel citra merek yaitu sebesar 48,9% terhadap niat beli, iklan berpengaruh terhadap niat beli konsumen, dengan besar pengaruh variabel iklan yaitu sebesar 16% terhadap niat beli, citra merek dan iklan mampu meningkatkan niat beli konsumen, dengan besar pengaruh variabel citra merek dan iklan yaitu sebesar 64,9% terhadap niat beli.
Description
Keywords
Citra Merek, Iklan dan Niat Beli, Brand Image, Advertising and Purchase Intention
Citation