PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA YAMAHA FINO 125 BLUE CORE DI KOTA BANDUNG
Loading...
Date
2021
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1, Universitas Widyatama
Abstract
Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang sepeda motor yaitu Yamaha mempunyai Citra Merek yang baik serta memiliki Harga yang terjangkau, namun belum bisa meningkatkan Minat Beli konsumen, diantaranya dengan mempunyai Citra Merek yang baik dan Harga yang terjangkau agar konsumen timbul minat untuk melakukan pembelian pada Yamaha Fino 125 Blue Core. Namun berdasarkan data perbandingan unit penjualan Yamaha Fino 125 Blue Core dari periode 2017-2019 mengalami penurunan secara drastis. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan hasil kajian mengenai variabel Citra Merek, variabel Harga, dan variabel Minat Beli Yamaha Fino 125 Blue Core serta menganalisis seberapa besar pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Minat Beli pada Yamaha Fino 125 Blue Core. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif – verifikatif. Populasi pada penellitian ini adalah konsumen yang aktif menggunakan sepeda motor belum pernah membeli Yamaha Fino 125 Blue Core sebanyak 125 sampel responden. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Analisis data secara statistik digunakan dengan menggunakan software SPSS versi 20. Hasil yang didapatkan dari olah kuesioner yang disebarkan kepada responden mendapatkan hasil pada Citra Merek dengan jawaban Mengetahui, pada Harga mendapatkan hasil jawaban Terjangkau sedangkan pada Minat Beli mendapatkan hasil jawab Kurang Berminat. Hasil penelitian didapat bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara variabel Citra Merek dan Harga terhadap Minat Beli. Hasil simultan antara Citra Merek terhadap Minat Beli mendapatkan hasil tidak signifikan secara simultan. Sedangkan pada Hrga terhadap Minat Beli mendapatkan hasil Signifikan secara simultan.