ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMBAYARAN KONSUMEN PENSIUN DI BRI KANTOR CABANG PEMBANTU ITB BANDUNG

Loading...
Thumbnail Image
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1, Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen pada BRI Kantor Cabang Pembantu ITB Bandung. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 125 konsumen yang pernah datang dan melakukan pengambilan pension di BRI Kantor Cabang Pembantu ITB, metode yang digunakan adalah teknik non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online dan metode analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas jasa berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Kemudian berdasarkan hasil uji F, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas jasa secara simultan mempengaruhi kepuasan konsumen. Nilai koefisien determinasi diperoleh signifikan, hal ini berarti kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel kualitas jasa yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Description
Keywords
service quality, customer satisfaction, kualitas jasa, kepuasan konsumen
Citation