PERANCANGAN STRATEGI PEMBELIAN BAHAN PENGEMAS MELALUI KRALJIC’S MATRIX PURCHASING PORTFOLIO MODEL DI PT SANBE FARMA (Studi Kasus: Packaging Material Warehouse Central Unit Cibodas)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Teknik Industri S1 Fakultas Teknik Universitas Widyatama
Abstract
PT SANBE Farma merupakan group perusahaan swasta yang bergerak di bidang kefarmasian. Dalam menunjang perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasionalnya, PT SANBE Farma membutuhkan bahan pengemas sebagai media pembungkus sekaligus identitas perusahaan pada produk. Pelaksanaan pembelian bahan pengemas belum memiliki strategi purchasing yang tepat, sehingga masih sering ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan pembelian bahan pengemas. Hal ini mendorong aktivitas pembelian memerlukan evaluasi terhadap sistem pembelian bahan pengemas. Strategi pembelian yang ideal dan sesuai kriteria dibutuhkan perusahaan dalam menciptakan aktivitas pembelian yang lebih profesional. Penelitian dilakukan untuk mendapatkan perancangan strategi pembelian bahan pengemas sekunder khususnya dalam memenuhi kebutuhan produksi obat manusia Unit I yang teralokasikan terpusat di Packaging Material Warehouse Central Unit Cibodas. Penilaian dimensi, kriteria, dan item pembelian akan dihitung menggunakan Fuzzy Multi-Attribute Decision Making. Model Kraljic’s Matrix Purchasing Portfolio Model dibentuk dengan dua dimensi utama yaitu Risiko Pasokan (Supply Risks) dan Dampak Profit (Profit Impact) menggunakan Multidimensional Scaling (MDS) pada software SPSS Tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengklasifikasikan pembelian bahan pengemas sekunder berdasarkan Kraljic’s Matrix Purchasing Portfolio Model serta memberikan rekomendasi strategi pembelian berdasarkan hasil pemetaan pada Kraljic’s Matrix, mulai dari karakteristik pur, tipe hubungan dan tipe kontrak yang akan dilakukan dengan supplier, strategi operasional umum dan khusus, serta karakteristik pegawai aktivitas pengadaan yang ideal. Berdasarkan perhitungan, klasifikasi dari pemetaan 14 Sub-Packaging Material Category tersebar pada empat kuadran Kraljic’s Matrix. Terdapat 4 klasifikasi Sub Packaging Material Category pada kuadran Non-Critical Items, 3 pada kuadran Leverage Items, 3 pada kuadran Bottleneck Items, dan 4 pada kuadran Strategic Items. Kuadran Non-Critical Items berupa Hanger For Infuse Bottle, Individual Folding Box, Individual Master Box, dan Spoon; Measuring Cap direkomendasikan menerapkan tipe kontrak spot purchase atau regular trading. Bahan pengemas pada Sub-Packaging Material Category yang masuk dalam kuadran Leverage Items, yaitu Plaster; Strapping Band, Lempeng Styrofoam, dan Security Seal Tape diberi rekomendasi kategori bahan kategori Low Price Variability dengan tipe kontrak spot purchase, sementara bahan pengemas yang masuk kedalam kategori Low Price Variability and Negligible Switching Costs tipe kontrak yang disarankan adalah fixed contract. Kuadran Bottleneck Items berisikan bahan pengemas pada kategori Brochure, Lable/ Sticker, dan Segel; Security Hologram direkomendasikan menerapkan tipe kontrak call off contract. Kuadran Strategic Items berisikan bahan pengemas yang termasuk ke dalam kategori Catch Cover, Folding Box, Master Box, dan Plastic; Overwrap direkomendasika untuk menerapkan tipe kontrak partnership.
Description
Keywords
Bahan Pengemas, Fuzzy Multiple Attribute Decision Making, Kraljic’s Matrix Purchasing Portfolio Model, Multidimensional Scaling, Pembelian, Strategi Purchasing., Packaging Materials, Fuzzy Multiple Attribute Decision Making, Kraljic's Matrix Purchasing Portfolio Model, Multidimensional Scaling, Purchasing,Strategy Purchasing.
Citation