PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA MASKAPAI PENERBANGAN LION AIR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus Tahun 2018-2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen maskapai penerbangan Lion Air. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan harga sebagai variabel independen. Sedangkan kepuasan konsumen sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen maskapai penerbangan Lion Air. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non
– probability sampling menggunakan teknik purpossive sampling dan teknik problem – solving research dengan jumlah sampel sama dengan jumlah populasi keseluruhan yaitu 200 responden. Sedangkan metode analisis yang digunkan dalam penelitian ini adalah analisis koefisien korelasi rank spearman, regresi linier berganda dan koefisien determinasi pada taraf siginifikan 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 24.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga mampu berpengaruh terhadap kepuasan konsumen maskapai penerbangan Lion Air. Selain itu kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen maskapai penerbangan Lion Air, dimana kualitas pelayanan dan harga yang baik akan meningkatkan kepuasan konsumen maskapai penerbangan Lion Air.
Collections
- Management - Bachelor [2451]