PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN MANAJEMEN RISIKO TERHADAP PEMBERIAN KREDIT MIKRO (Studi Kasus pada 4 Cabang PT. Bank Danamon Indonesia Tbk, Cluster Tasikmalaya)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN MANAJEMEN RISIKO TERHADAP PEMBERIAN KREDIT MIKRO (Studi Kasus pada 4 Cabang PT. Bank Danamon Indonesia Tbk, Cluster Tasikmalaya)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN MANAJEMEN RISIKO TERHADAP PEMBERIAN KREDIT MIKRO (Studi Kasus pada 4 Cabang PT. Bank Danamon Indonesia Tbk, Cluster Tasikmalaya)
Author: Surya, Bela Yuniatika
Abstract: Pemberian kredit yang dilakukan oleh bank biasanya mengalami masalah berupa kredit macet. Kredit macet yang terjadi pada pihak perbankan dapat membawa dampak psikologis yang akan terjadi, yaitu menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bank tersebut. Untuk menghindari maupun meminimalisir terjadinya kredit bermasalah dalam pemberian kredit maka diperlukan adanya pengendalian yang baik serta adanya manajemen risiko dari pihak perbankan terhadap prosedur pemberian kredit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar pengaruh pengendalian internal dan manajemen risiko terhadap pemberian kredit mikro. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksplanatori yang merupakan penjelasan atau pembuktian hubungan antar variabel penelitian. Objek penelitian yang dilakukan yaitu 15 Account Officer, 10 Appraisal Assets, 10 Credit Officer, 5 Unit Manager, 10 Field Collection PT Bank Danamon Indonesia Tbk., Cluster Tasikmalaya sebanyak 50 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal berpengaruh positif sebesar 0,405 atau 40,5% terhadap pemberian kredit mikro PT Bank Danamon Indonesia Tbk., dan manajemen risiko berpengaruh positif sebesar 0,212 atau 21,2% terhadap pemberian kredit mikro pada PT Bank Danamon Indonesia Tbk., Cluster Tasikmalaya. Adapun saran yang diajukan penulis bahwa perusahaan harus meningkatkan pengendalian internal dengan cara penetapan etika, perilaku, serta prosedur dalam pelaksanaan pemberian kredit serta meningkatkan manajemen risiko dengan memaksimalkan penerapan manajemen konvensional dengan cara penghindaran, pengurangan, pemindahan, dan penahanan risiko. Hal ini membantu perusahaan menjadi lebih tertata dan memiliki etika, perilaku yang baik serta meningkatkan ide dan kreatifitas serta dalam mengikuti perubahan-perubahan teknologi karena dunia perekonomian selalu mengalami perkembangan yang pesat dan risiko yang dihadapi pun semakin banyak.
URI: https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/10738
Date: 2017


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 81.24Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 812.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 143.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 237.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 112.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 101.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.25Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 299.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 343.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 415.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 542.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 106.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 230.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record