PERENCANAAN BISNIS PRODUK CHINO LIAR.MEN
No Thumbnail Available
Date
2018
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Menurut data Badan Pusat Statistik Indonesia tahun 2015 , secara nasional
subsektor feyen menyumbang 18,15 persen atau Rp. 154,68 Triliun terhadap
ekonomi kreatif. Hal ini menunjukan minat masyarakat Indonesia pada produk
fesyen sangat tinggi dan terus berkembang. Dalam upaya memenuhi kebutuhan
pakaian, diera saat ini kebanyakan orang khususnya pria menyukai hal yang
praktis, mudah, berkualitas, cepat dan harga yang kompetitif. “LIAR.Men” hadir
untuk memenuhi kebutuhan celana pria yang stylish, banyak pilihan dan rapi.
Penelitian ini mengkaji peluang bisnis dan kelayakan usaha inovasi produk celana
chino LIAR.Men berdasarkan aspek – aspek kewirausahaan model Timmons.
Perencanaan usaha ini dinilai berdasarkan kriteria investasi Net Present Value,
Pacback Period, Internal Rate of Return, dan Net Profit Margin. Penelitian ini
juga mengkaji dan merumuskan perencanaan bisnis berdasarkan aspek pemasaran,
keuangan, operasional, dan keuangan. Metode penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data
observasi. Operasionalisasi variabel yang digunakan adalah metode kriteria
kewirausahaan dari Timmons. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa
berdasarkan kriteria model Timmons dilihat dari NPV sebesar Rp
Rp1,162,722,389.3 > 0, Internal Rate of Return ( IRR ) sebesar 27,12% lebih
besar dari bunga yang dibayar yaitu sebesar 12% . Hasil ini menunjukan usaha
celana chino Liar.Men layak secara ekonomi menjanjikan keuntungan dan
pengembalian modal usaha yang didapat dicapai dalam 3 tahun.
Description
Keywords
Perencanaan Bisnis, Inovasi, Business Planning, Innovation