PERENCANAAN BISNIS PRODUK CHINO LIAR.MEN

No Thumbnail Available
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Menurut data Badan Pusat Statistik Indonesia tahun 2015 , secara nasional subsektor feyen menyumbang 18,15 persen atau Rp. 154,68 Triliun terhadap ekonomi kreatif. Hal ini menunjukan minat masyarakat Indonesia pada produk fesyen sangat tinggi dan terus berkembang. Dalam upaya memenuhi kebutuhan pakaian, diera saat ini kebanyakan orang khususnya pria menyukai hal yang praktis, mudah, berkualitas, cepat dan harga yang kompetitif. “LIAR.Men” hadir untuk memenuhi kebutuhan celana pria yang stylish, banyak pilihan dan rapi. Penelitian ini mengkaji peluang bisnis dan kelayakan usaha inovasi produk celana chino LIAR.Men berdasarkan aspek – aspek kewirausahaan model Timmons. Perencanaan usaha ini dinilai berdasarkan kriteria investasi Net Present Value, Pacback Period, Internal Rate of Return, dan Net Profit Margin. Penelitian ini juga mengkaji dan merumuskan perencanaan bisnis berdasarkan aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan keuangan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi. Operasionalisasi variabel yang digunakan adalah metode kriteria kewirausahaan dari Timmons. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria model Timmons dilihat dari NPV sebesar Rp Rp1,162,722,389.3 > 0, Internal Rate of Return ( IRR ) sebesar 27,12% lebih besar dari bunga yang dibayar yaitu sebesar 12% . Hasil ini menunjukan usaha celana chino Liar.Men layak secara ekonomi menjanjikan keuntungan dan pengembalian modal usaha yang didapat dicapai dalam 3 tahun.
Description
Keywords
Perencanaan Bisnis, Inovasi, Business Planning, Innovation
Citation
Collections