ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS SATE PADANG PARIAMAN MA’ETEK
No Thumbnail Available
Date
2018
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Pada zaman sekarang perkembangan UKM didominasi oleh sektor kuliner
yang menduduki posisi pertama yang berkontribusi besar dalam pertumbuhan
industri kreatif di Indonesia, sehingga dibutuhkan penguatan model bisnis yang
tepat supaya dapat terus bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
sejauh mana peluang bisnis dalam bidang kuliner, untuk mengetahui segmenting,
targeting dan positioning (STP) yang tepat bagi usaha Sate Padang Pariaman
Ma’Etek, untuk mengetahui bagaimana analisa SWOT pada usaha Sate Padang
Pariaman Ma’Etek dan untuk mengetahui bagaimana perancangan strategi bisnis
pada usaha Sate Padang Pariaman Ma’Etek. Dalam menjalankan usaha kuliner ini
usaha Sate Padang Pariaman Ma’Etek mengalami permasalah internal dan
eksternal. Oleh karena itu, dibutuhkan gambaran dan panduan dalam rangka
mengarahkan usaha penjualannya. Perancangan model bisnis merupakan solusi
karena dapat memetakan,merancang dan mengarahkan komponen apa saja yang
dapat mendukung penjualan bisnis.
Perancangan model bisnis usaha Sate Padang Pariaman Ma’Etek ini
dilakukan dengan pendekatan Timmons. Hasil dari penelitian ini ialah usaha Sate
Padang Pariaman Ma’Etek memiliki peluang usaha yang baik untuk
mengembangkan bisnis meningkatkan magrin yang dimana usaha ini memiliki
peluang yang baik di tahun ke 2. Yang didukung dengan adanya kreativitas,
tingkat pengendalian dan sumber daya yang baik. Serta tim kewirausahaan yang
dipimpiim oleh seorang yang sudah memiliki pengalaman dalam menjalankan
usaha. Menempatkan orang-orang yang tepat pada posisi yang tepat. Variasi
produk dengan tabahan topping, akan menciptakan rasa penasaran konsumen dan
menarik konsumen untuk membeli Sate Padang Pariaman Ma’Etek.
Description
Keywords
Peluang Bisnis, STP, SWOT, Model Timmons, Business Opportunities