PERANCANGAN JALUR KARIR (JABATAN) BERBASIS KOMPETENSI DI DIREKTORAT PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
No Thumbnail Available
Date
2018
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang jalur karir (jabatan) yang berbasis kompetensi pada Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Penulis menggunakan hasil data kuesioner yang sudah diolah terlebih dahulu yang selanjutnya dianalisis kebutuhan kompetensi menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif dengan menggunakan uraian jabatan yang dihasilkan dari data hasil kuesioner untuk menentukan kompetensi yang berpengaruh pada setiap jabatan. Kompetensi tersebut menjadi variabel untuk merancang jalur karir jabatan struktural dengan menggunakan analisis cluster untuk menghasilkan kelompok pekerjaan. Hasil penelitian ini membentuk perancangan jalur karir (jabatan) pada Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan berbasis kompetensi. Penulis menemukan bahwa jalur karir (jabatan) yang diimplementasikan saat ini masih menggunakan jalur karir tradisional, dimana penentuan rotasi dan promosi berdasarkan masa kerja dan asumsi bahwa jabatan terdahulu menjadi persiapan untuk jabatan selanjutnya di level yang lebih tinggi. Organisasi perlu melakukan pengembangan pegawai melalui diklat atau training agar pegawai yang berada pada jabatan struktural memenuhi kompetensi yang dibutuhkan jabatan tersebut. Untuk penelitian selanjutnya dapat dibentuk perancangan jalur karir (jabatan) untuk jabatan fungsional dan perancangan jalur karir (jabatan) pada organisasi atau perusahaan yang berbeda.
Description
Keywords
Perancangan Jalur Karir, Berbasis Kompetensi, Jalur Karir, Career Path Design, Competency Based, Career Path