STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA INDUSTRI KECIL PAKAIAN JADI DI KOTA BANDUNG ( Studi Kasus di Konveksi Mulya Abadi)

No Thumbnail Available
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana menentukan strategi yang tepat bagi pengembangan usaha pada usaha Konveksi Mulya Abadi di Kota Bandung. Dimana adanya fenomena mengenai peningkatan jumlah usaha dari tahun ke tahun yang dapat menjadi ancaman bagi kelangsungan Usaha Konveksi Mulya Abadi. Dengan permasalahan yang muncul adalah bagaimana merencanakan strategi untuk meningkatkan keunggulan bersaing ditengah lingkungan industri yang semakin kompetitif. Untuk menjawab hal tersebut maka dilakukan perumusan strategi dengan menggunakan beberapa metode analisis yaitu analisis faktor internal (IFE) dan analisis faktor eksternal (EFE) kemudian untuk menentukan pilihan alternatif strategi dengan menggunakan Analisi SWOT. Menentukan posisi perusahaan dalam matrik kompetitif dan strategi generik. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa untuk meningkatkan keunggulan bersaing Konveksi Mulya Abadi agar meningkatkan kompetensi usaha dan meningkatkan hubungan relasional dengan pelanggan. Untuk itu maka disusun implementasi strategi yaitu langkah operasional dan program, beberapa program yang dihasilkan guna mendukung rumusan strategi yaitu Produk Development, Marketing Program dan Relationship Program. I mplementasi strategi akan dievaluasi dengan metode Balanced scorecard. Agar implementasi strategi dapat dilakukan secara lebih intensif dan komprehensif sesuai tujuan perusahaan.
Description
Keywords
Keunggulan Kompetitif, Formulasi Strategi, Implementasi Strategi, Evaluasi Strategi, Analisis SWOT
Citation
Collections