PERENCANAAN BISNIS BUSANA MUSLIM ADAM DAN EVE
No Thumbnail Available
Date
2018
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Berdasarkan data dari Badan ekonomi kreatif (Bekraf) industri fashion memberikan kontribusi yang besar terhadap Peneriman Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2016. Subsektor fesyen dan subsektor kriya masing-masing menghasilkan nilai tambah Rp 166.135,3 dan Rp. 142.064,8 miliar atau menyumbang 18,01 persen dan 15,40 persen terhadap pembentukan PDB Ekonomi kreatif. Besarnya pasar yang dimiliki oleh Indonesia secara umum Adam and Eve melihat peluang dengan melihat secara lebih spesifik yaitu busana muslim hal ini di dasarkan kepada besarnya jumlah penganut agama Islam di Indonesia. Hal itu menjadi pendorong bagi tumbuhnya pasar busana muslim di ranah global. Sehingga diramalkan Indonesia pada tahun 2020 akan menjadi kiblat dalam design pakain muslim dunia. Metode penelitian yang digunakan dalam penetian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, karena dalam penelitian ini melihat fenomena yang terjadi yang kemudian dituangkan dalam sebuah rencana bisnis dengan sumber data berasal dari observasi dan buku, jurnal, penelitian terdahulu. Berdasarkan perhitungan keuangan yang telah dilakukan dengan menggunakan indikator dari model Timmons didapatkan nilai Net Present Value (NVP>0) dengan nilai positif Rp. 1,092,0006,614,22 dengan Internal Rate of Retrun (IRR>6persen) atau sebesar 39,54 persen hal ini menggambarkan bahwa bisnis Adam and Eve layak untuk di implementasikan.
Description
Keywords
Perencanaan Bisnis, Inovasi, Busana Muslim, Timmons Model, Fasyen, Business Planning, Innovation, Muslim Clothing, Fashion