PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MENABUNG GIRO IB MASLAHAH PADA BANK BJB SYARIAH KCP DEPOK
No Thumbnail Available
Date
2017
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Persaingan dunia perbankan di Indonesia saat ini berlangsung sangat ketat,terlebih lagi begitu banyak bermunculan baik itu lembaga keuangan perbankan yang berbasis konvensional maupun yang berbasis syariah.Oleh karena itu perlu adanya strategi-strategi yang jitu dalam merumuskan dalam mempromosikan produk pemasaran,terutama produk yang merupakan salah satu pendorong aset perusahaan serta menciptakan Cost Of Fund yang murah. Hal ini juga yang dialami oleh seluruh perbankan di Indonesia termasuk salah satunya Bank bjb Syariah khususnya di Cabang Pembantu Depok. Giro Plus Ib Maslahah adalah salah satu produk inovasi yang dimiliki oleh bank bjb syariah. Giro Plus Ib Maslahah merupakan produk yang diharapkan dapat meningkatkan CASA pada bank bjb syariah.
. Kegiatan promosi yang diterapkan bank bjb syariah KCP Depok mengalami peningkatan pada 3 tahun terakhir namun jumlah pembukaan rekening giro plus ib maslahah mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana atribut produk Giro Ib Maslahah mempengaruhi kepuasan menabung dan bagaimana pengaruh kualitas pelayanan produk Giro Ib Maslahah mempengaruhi kepuasan nasabah dalam menabung. Faktor lain kemungkinan berpengaruh adalah kualitas pelayanan maupun faktor-faktor lain yang nanti akan ditemukan oleh peneliti.
v
Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, metode penelitian deskriptif analisis adalah suatu penelitian yang menggambarkan suatu peristiwa yang sedang terjadi pada saat penelitian, kemudian data tersebut dianalisis dan kemudian diambil kesimpulannya untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan metode analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial atribut produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan menabung. Kemudian berdasarkan hasil uji F, hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut produk, kualitas pelayanan dan kepuasan menabung memiliki kesesuaian model dengan data. Nilai koefisien determinasi diperoleh signifikan, hal ini berarti kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel atribut produk dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Description
Keywords
Atribut Produk, Kualitas Pelayanan, Giro Ib Maslahah, Kepuasan Menabung, Product Attribute, Service Quality, Demand Ib Maslahah, Savings Satisfaction