ANALISIS PENGEMBANGAN DAN INOVASI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN BISNIS MODEL CANVAS (Studi di Nibras Hijab)

Widyatama Repository

ANALISIS PENGEMBANGAN DAN INOVASI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN BISNIS MODEL CANVAS (Studi di Nibras Hijab)

Show simple item record

dc.contributor.author Riesmawan, Rikrik
dc.date.accessioned 2019-03-22T09:01:17Z
dc.date.available 2019-03-22T09:01:17Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/10143
dc.description.abstract Busana muslimah yang memiliki perkembangan yang cepat ada pada produk hijab. Hal ini didorong dengan perubahan trend muslimah yang semakin modern, stylish dan fashionable. Dorongan lainnya lahir dari komunitas komunitas hijab yang menghubungkan satu individu dengan individu lainnya secara nasional mengakibatkan pertukaran informasi dengan cepat dan praktis tentang hijab. Selain itu pula internet menyajikan informasi tanpa batas, seputar perkembangan dunia busana muslimah dengan beragam tutorial, model, dan gaya yang tersebar luas. Nibras Hijab didirikan pada tanggal 1 Agustus 2016. Pada tahun pertama Nibras Hijab mengalami pertumbuhan yang cukup baik, yakni dengan mencetak omset penjualan sebesar Rp. 2.000.000.000. Tahun 2017 Nibras Hijab mencetak total penjualan sebesar Rp. 9.000.000.000. Sampai tahun 2021, Nibras Hijab memiliki target omset sebesar Rp 36.000.000.000. Sebuah target yang dicanangkan dengan semangat dan pemikiran yang sangat mendalam dengan melihat potensi market yang sangat besar, menjadi sebuah keniscayaan perusahaan harus melakukan pengembangan strategi marketing dan inovasi produk, sehingga dapat menarik potensi pasar menjadi profit. Nibras Hijab sangat yakin saat memulai bisnis di industri kreatif ini, dalam lima tahun kedepan akan menjadi yang terbaik. Ditinjau dari operasional, SDM, marketing dan keuangan, maka pengembangan bisnis Nibras Hijab layak untuk dikembangkan karena dilihat dari hasil analisis aspek operasional Nibras Hijab memiliki strategi yang aman yakni dengan bekerjasama dengan pihak ketiga dan dalam aspek SDM Nibras Hijab memiliki SDM yang kompeten. Dari aspek keuangan hasil perhitungan menunjukkan bahwa pengembangan Nibras Hijab memiliki NPV > 0 yaitu Rp 3.640.193.896; IRR = 27% dan PP = 2 tahun. Dari aspek marketing, Nibras Hijab memilih segmentasi pasar meliputi segmen konsumen pengguna Hijab usia remaja, dewasa dan anak-anak dan muslimah yang ingin menggunakan hijab secara praktis dan fashionable. Nibras Hijab diposisikan sebagai produk hijab yang nyaman iv dipakai dan fashionable dengan harga yang kompetitif. Nibras Hijab juga merumuskan beberapa strategi marketing melalui berbagai media promosi baik langsung maupun tidak langsung termasuk melibatkan sosial media, distributor, dan keagenan untuk dapat memperkenalkan Nibras Hijab dan menjadi “top of mind” bagi masyarakat terutama bagi mereka yang membutuhkan hijab yang nyaman dan fashionable. Untuk menjadi “top of mind”, selain memberikan produk yang baik Nibras Hijab memiliki jaringan nasional distributor dalam jumlah yang banyak. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung en_US
dc.subject Inovasi Bisnis en_US
dc.subject Bisnis Model Canvas en_US
dc.title ANALISIS PENGEMBANGAN DAN INOVASI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN BISNIS MODEL CANVAS (Studi di Nibras Hijab) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.861Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.247Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 319.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 279.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 312.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 293.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 194.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 326.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 1.184Mb PDF View/Open
Bab 3.pdf 243.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 574.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 133.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 303.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

  • Management [150]
    Koleksi Digital Tesis Program MM

Show simple item record