ANALISIS PENGEMBANGAN DAN INOVASI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN BISNIS MODEL CANVAS (Studi di Nibras Hijab)
No Thumbnail Available
Date
2018
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Busana muslimah yang memiliki perkembangan yang cepat ada pada produk hijab. Hal ini didorong dengan perubahan trend muslimah yang semakin modern, stylish dan fashionable. Dorongan lainnya lahir dari komunitas komunitas hijab yang menghubungkan satu individu dengan individu lainnya secara nasional mengakibatkan pertukaran informasi dengan cepat dan praktis tentang hijab. Selain itu pula internet menyajikan informasi tanpa batas, seputar perkembangan dunia busana muslimah dengan beragam tutorial, model, dan gaya yang tersebar luas.
Nibras Hijab didirikan pada tanggal 1 Agustus 2016. Pada tahun pertama Nibras Hijab mengalami pertumbuhan yang cukup baik, yakni dengan mencetak omset penjualan sebesar Rp. 2.000.000.000. Tahun 2017 Nibras Hijab mencetak total penjualan sebesar Rp. 9.000.000.000. Sampai tahun 2021, Nibras Hijab memiliki target omset sebesar Rp 36.000.000.000. Sebuah target yang dicanangkan dengan semangat dan pemikiran yang sangat mendalam dengan melihat potensi market yang sangat besar, menjadi sebuah keniscayaan perusahaan harus melakukan pengembangan strategi marketing dan inovasi produk, sehingga dapat menarik potensi pasar menjadi profit. Nibras Hijab sangat yakin saat memulai bisnis di industri kreatif ini, dalam lima tahun kedepan akan menjadi yang terbaik.
Ditinjau dari operasional, SDM, marketing dan keuangan, maka pengembangan bisnis Nibras Hijab layak untuk dikembangkan karena dilihat dari hasil analisis aspek operasional Nibras Hijab memiliki strategi yang aman yakni dengan bekerjasama dengan pihak ketiga dan dalam aspek SDM Nibras Hijab memiliki SDM yang kompeten. Dari aspek keuangan hasil perhitungan menunjukkan bahwa pengembangan Nibras Hijab memiliki NPV > 0 yaitu Rp 3.640.193.896; IRR = 27% dan PP = 2 tahun. Dari aspek marketing, Nibras Hijab memilih segmentasi pasar meliputi segmen konsumen pengguna Hijab usia remaja, dewasa dan anak-anak dan muslimah yang ingin menggunakan hijab secara praktis dan fashionable. Nibras Hijab diposisikan sebagai produk hijab yang nyaman
iv
dipakai dan fashionable dengan harga yang kompetitif. Nibras Hijab juga merumuskan beberapa strategi marketing melalui berbagai media promosi baik langsung maupun tidak langsung termasuk melibatkan sosial media, distributor, dan keagenan untuk dapat memperkenalkan Nibras Hijab dan menjadi “top of mind” bagi masyarakat terutama bagi mereka yang membutuhkan hijab yang nyaman dan fashionable. Untuk menjadi “top of mind”, selain memberikan produk yang baik Nibras Hijab memiliki jaringan nasional distributor dalam jumlah yang banyak.
Description
Keywords
Inovasi Bisnis, Bisnis Model Canvas