PENGARUH KUALITAS JASA DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGIRIMAN BARANG DI PT. INDAH YATAMA BANDUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas jasa dan personal selling terhadap kepuasan pelanggan pada pengiriman barang di PT. Indah Yatama Bandung dan seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh kulaitas jasa dan personal selling terhadap kepuasan pelanggan pada pengiriman barang di PT. Indah Yatama Bandung. Faktor yang diuji pada penelitian ini adalah kualitas jasa dan personal selling selaku variabel independen dan kepuasan pelanggan selaku variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dari PT. Indah Yatama Bandung yang diwakili oleh 100 sampel untuk diteliti. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji t dengan taraf signifikansi sebesar 5% menggunakan bantuan software SPSS IBM Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas jasa dan personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Collections
- Management - Bachelor [2474]