PENGARUH MANAGEMENT OWNERSHIP, INSTITUTIONAL OWNERSHIP DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Pada Perusahaan Manufaktur Food And Beverage yang Listing di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2011 – 2016)
No Thumbnail Available
Date
2018
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Akuntansi Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Tanggungjawab sosial perusahaan atau dikenal dengan istilah Corporate Social
Responsibility (CSR), merupakan aspek penting yang harus dilakukan perusahaan
dalam operasionalnya. Hal tersebut bukan semata-mata memenuhi peraturan
perundang-undangan, melainkan secara logis terdapat hukum sebab akibat,
dimana ketika operasional perusahaan memberikan dampak negatif, maka akan
muncul respon negatif yang jauh lebih besar dari masyarakat maupun lingkungan
yang dirugikan. Perusahaan berharap jika dengan menerapkan Corporate Social
Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan akan memperoleh legitimasi
sosial dan akan memaksimalkan ukuran keuangan untuk jangka waktu yang
panjang. Berdasarkan fenomena diatas tujuan untuk mengetahui Pengaruh
Management Ownership, Institutional Ownership, dan Leverage Terhadap
Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Manufaktur
Food and Beverage. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
anlisis regresi data panel. Data penelitian ini menggunakan data sekunder yang
diperoleh dari 12 laporan keuangan Perusahaan Manufaktur Food and Beverage
berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa secara
parsial dan simultan Management Ownership, Institutional Ownership, dan
Leverage berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Corporate Social
Responsibility, dengan Management Ownership, Institutional Ownership, dan
Leverage memberikan keragaman sebesar 12.7% terhadap Pengungkapan
Corporate Social Responsibility sedangkan sisanya sebesar 87.3% dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak diamati di dalam penelitian ini.
Description
Keywords
Management Ownership, Institutional Ownership, Leverage, Pengungkapan Corporate Social Responsibility