PENGARUH MODAL INTELEKTUAL DAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEBERLANJUTAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)

Widyatama Repository

PENGARUH MODAL INTELEKTUAL DAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEBERLANJUTAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)

Show full item record

Title: PENGARUH MODAL INTELEKTUAL DAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEBERLANJUTAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)
Author: Martiningsih, Sri Wulandari; Yuliandhari, Willy Sri
Abstract: Perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia merupakan perusahaan yang membutuhkan dana dari para investor sehingga para stakeholder memiliki peranan penting dalam keberlangsungan perusahaan. perusahaan harus melakukan pengembalian atas investasi yang telah dilakukan investor sehingga perusahaan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan keuntungan. Rasio profitabilitas dapat digunakan untuk mengukur keuntungan yang di dapat perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi profitabilitas perusahaan diantaranya adalah modal intelektual yang dihitung menggunaakan rumus VAICTM dan pengungkapan laporan keberlanjutan yang dihitung menggunakan rumus IndexSR berdasarkan Pedoman Laporan Keberlanjutan GRI-G4. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 19 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2014-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah statitistik deskriptif dan regresi data panel. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan modal intelektual dan pengungkapan laporan keberlanjutan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan sebesar 31,4701%. Secara parsial, modal intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas sedangkan pengungkapan laporan keberlanjutan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/10036
Date: 2018-09


Files in this item

Files Size Format View
Full Text Sri W ... Willy Sri Yuliandhari.pdf 2.516Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record