Jaya, Umban Adi(Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung, 2016)
[more]
[less]
Abstract:
Kinerja karyawan sangat membantu perusahaan dalam meraih tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Kinerja karyawan sebagai tujuan akhir dan merupakan cara berbagai manajer untuk memastikan bahwa aktivitas karyawan dan output yang dihasilkan sesuai dengan tujuan organisasi. Beberapa penelitian yang telah dilakukan berusaha melakukan kajian tentang pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual dengan kinerja karyawan. Sayangnya penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan hasil yang berbeda-beda, sehingga perlu adanya penelitian yang kembali mengkaji tentang pengaruh kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengambilan data adalah dengan menggunakan kuisioner, Teknik pengambilan sampel berupa random sampling Banyaknya sampel yang diteliti adalah 130 responden, yang merupakan karyawan (perawat) Rumah Sakit Umum Daerah Soreang, teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis berganda dan menggunakan hasil dari ouput sofware SPSS 20. Penelitian menemukan bahwa seluruh hipotesis dalam penelitian ini telah terbukti secara signifikan. Kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Implikasi pada penelitian ini adalah kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual memiliki peran yang penting baik secara individual maupun secara bersama-sama dalam meningkatkan kinerja karyawan.