MASTER THESISMASTER THESIShttps://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/12024-03-29T11:52:20Z2024-03-29T11:52:20Z7051PENGARUH KOMPLEKSITAS OPERASI, LABA/RUGI OPERASI DAN KONVERGENSI IFRS TERHADAP AUDIT DELAY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2015)Ginanjar, Yogihttps://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/1076222023-11-21T08:27:57Z2017-01-01T00:00:00Zdc.title: PENGARUH KOMPLEKSITAS OPERASI, LABA/RUGI OPERASI DAN KONVERGENSI IFRS TERHADAP AUDIT DELAY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2015)
dc.contributor.author: Ginanjar, Yogi
dc.description.abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris tentang pengaruh
kompleksitas operasi, laba/rugi operasi dan konvergensi IFRS terhadap audit
delay pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode
2013-2015. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksplanatori dengan
teknik survey. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 153 data perusahaan dengan
penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan
data yaitu dengan menggunakan study literature dan dokumentasi. Alat analisis
data yang digunakan yaitu penentuan metode estimasi data panel, uji asumsi
klasik, analisis regresi, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi menggunakan
aplikasi Eviews 9.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompleksitas operasi tidak
berpengaruh terhadap audit delay dengan arah hubungan positif. Laba/rugi operasi
tidak berpengaruh terhadap audit delay dengan arah hubungan negatif.
Konvergensi IFRS berpengaruh terhadap audit delay dengan arah hubungan
negatif. Secara simultan bahwa kompleksitas operasi, laba/rugi operasi dan
konvergensi IFRS berpengaruh terhadap audit delay dengan kontribusi sebesar
74,69%.
2017-01-01T00:00:00ZPENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA YAYASAN PENDIDIKAN AL MA’SOEM SUMEDANGHamdanihttps://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/1075422023-10-11T08:22:17Z2016-01-01T00:00:00Zdc.title: PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA YAYASAN PENDIDIKAN AL MA’SOEM SUMEDANG
dc.contributor.author: Hamdani
dc.description.abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara Motivasi (X1) dan Budaya Organisasi (X2) sebagai variabel bebas serta Kinerja Pegawai sebagai Variabel terikat. Analisis data menggunakan skoring model Likert yang diisi oleh responden karyawan Yayasan Pendidikan Al Ma’soem Sumedang, yang berjumlah 100 responden. Seluruh pengolahan data dan analisis dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 17.0
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji hipotesisnya menunjukkan nilai F hitung = 29,721 lebih besar dari F tabel = 2,698, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, maka Ha diterima atau Ho ditolak. Artinya bahwa kedua variabel Motivasi dan Budaya Organisasi secara bersama-sama terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Yayasan Pendidikan Al Ma’soem.
2016-01-01T00:00:00ZPENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, KOMPETENSI KOMITE AUDIT DAN PENGUNGKAPAN SUKARELA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Survey pada Perusahaan Property, Real Estate, dan Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014)Novita, Devi Cindihttps://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/1074862023-10-02T04:09:22Z2016-01-01T00:00:00Zdc.title: PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, KOMPETENSI KOMITE AUDIT DAN PENGUNGKAPAN SUKARELA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Survey pada Perusahaan Property, Real Estate, dan Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014)
dc.contributor.author: Novita, Devi Cindi
dc.description.abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan,
komptenesi komite audit, dan pengungkapan sukarela terhadap nilai perusahaan
baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan laporan tahunan 30
perusahaan property, real estate, dan building construction yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010 sampai dengan 2014 dengan total 150
sampel. Penelitian ini menggunakan metode studi eksplanatori pada perusahaan
property, real estate, dan building construction yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia dengan menggunakan data sekunder yaitu laporan tahunan perusahaan
property, real estate, dan building construction periode tahun 2010-2014. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan hipotesis
diuji dengan uji t dan uji F dengan tingkat signifikansi senilai 5% dengan
menggunakan program Eviews 8.0.
Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa struktur kepemilikan
berpengaruh positif tehadap nilai perusahaan, kompetensi komite audit tidak
berpengaruh positif tehadap nilai perusahaan, dan pengungkapan sukarela tidak
berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan hasil pengujian secara
simultan menunjukkan bahwa struktur kepemilikan, kompetensi komite audit, dan
pengungkapan sukarela berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan property,
real estate, dan building construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
periode tahun 2010-2014.
2016-01-01T00:00:00ZPENGARUH PERSEPSI PENEGAKAN HUKUM PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (SURVEY PADA 5 KANTOR PELAYANAN PAJAK DI KOTA BANDUNG)Utami, Citra Kharismahttps://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/1074852023-10-02T03:49:33Z2016-01-01T00:00:00Zdc.title: PENGARUH PERSEPSI PENEGAKAN HUKUM PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (SURVEY PADA 5 KANTOR PELAYANAN PAJAK DI KOTA BANDUNG)
dc.contributor.author: Utami, Citra Kharisma
dc.description.abstract: Dalam meningkatkan penerimaan negara pemerintah perlu melakukan
upaya dan kebijakan bidang perpajakan. Belum optimalnya penerimaan pajak
dikarenakan tingkat kepatuhan wajib pajak badan maupun pribadi masih rendah.
Penelitian ini mengkaji tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi di 5 Kantor
Pelayanan Pajak Di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah ada pengaruh antara persepsi penegakan hukum pajak terhadap kepatuhan
wajib pajak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan
metode pemilihan sampel simple random sampling, sebanyak 100 responden
wajib pajak badan. Uji statistik yang dilakukan adalah regresi berganda. Program
yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for
Social Sciences (SPSS) Version 21.
Hasil pengujian simultan yang dilakukan membuktikan bahwa persepsi
penegakan hukum pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak
badan pada Kantor Pelayanan Pajak Di Kota Bandung, dengan total kontribusi
sebesar 52,5%
2016-01-01T00:00:00ZPENGARUH KUALITAS JASA dan PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PROVIDER TELKOMSEL di BANDUNG (Studi Kasus Produk Telkomsel Prabayar Simpati dan KartuAs)Luturlean, Bachruddin Salehhttps://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/1074842023-10-02T03:42:38Z2013-01-01T00:00:00Zdc.title: PENGARUH KUALITAS JASA dan PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PROVIDER TELKOMSEL di BANDUNG (Studi Kasus Produk Telkomsel Prabayar Simpati dan KartuAs)
dc.contributor.author: Luturlean, Bachruddin Saleh
dc.description.abstract: Perkembangan sarana telekomunikasi berlangsung pesat dan masyarakat sudah
sangat tergantung dengan alat komunikasi untuk terhubung dengan lingkungan sosialnya.
Saat ini telekomunikasi sudah menjadi kebutuhan pokok. Telkomsel sebagai salah satu
penyedia jasa telekomunikasi seluler di Indonesia melakukan strategi berkesinambungan
agar pelanggan yang dilayani terpuaskan sehingga menjadi pelanggan yang loyal.
Aktivitas Telkomsel untuk memuaskan pelanggan tersebut menghadapi tantangan dengan
ketatnya persaingan antar provider untuk mempertahankan dan memelihara pelanggan.
Perbandingan antara jumlah pengguna sarana telekomunikasi seluler dengan jumlah
penduduk menunjukkn bahwa pasar sudah jenuh. Kondisi ini menyebabkan penyedia jasa
terlibat dalam upaya saling mengakuisisi pelanggan. Mengantisipasi kondisi ini, Telkomsel
menyiapkan serangkaian rencana untuk mempertahankan pelanggan lamanya agar
senantiasa loyal. Penelitian ini akan mengukur bagaimana kualitas jasa yang diberikan
oleh Telkomsel kepada pelanggan dan bagaimana pandangan konsumen terhadap program
promosi penjualannya. Kedua variabel tersebut nantinya akan dihubungkan dengan
loyalitas pelanggan, sehingga akan diketahui seberapa besar pengaruh kualitas jasa dan
promosi penjualan terhadap tingkat loyalitas pelanggan Telkomsel.
Penelitian ini mengunakan metode deskriptif dan asosiasi kausal untuk menjawab
rumusan masalah yang dikemukakan. Untuk mengukur pengaruh dari variabel-variabel
digunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna layanan
prabayar Telkomsel di Bandun. Penulis menggunakan sampel dari populasi tersebut dan
diperoleh sebanyak 100 orang untuk masing-masing pengguna KartuAs dan Simpati.
Penulis menggunakan teknik sampling non probability dengan metode convenience
sampling. Di dalam menjaring sampel, juga digunakan pertanyaan screening agar orang
yang tidak menggunakan Telkomsel prabayar tidak menjadi responden.
Penelitian ini menemukan bahwa ada hubungan positif antara kualitas jasa terhadap
loyalitas pelanggan, dan juga antara promosi penjualan dengan loyalitas pelanggan. Ini
berarti baik kualitas jasa dan promosi penjualan berpengaruh dalam meningkatkan
loyalitas pelanggan. Semakin baik persepsi pelanggan terhadap kedua variabel tersebut,
mereka akan semakin loyal kepada Telkomsel. Temuan lain adalah bahwa kedua variabel
ini ternyata secara bersamaan memberikan pegaruh positif lebih besar jika dibandingkan
secara mandiri. Dengan demikian rancangan program promosi penjualan harus selalu
didukung oleh kualitas jasa yang dihasilkan oleh Telkomsel. Kualitas tanpa promosi akan
kurang memberi tambahan daya tarik, sedangkan promosi tanpa kualitas bahkan akan lebih
merugikan.
Berdasarkan hasil tersebut, penulis menyarankan Telkomsel agar merancang
program promosi yang terintegrasi dan mulai mengedepankan informasi mengenai kualitas
layanan yang sudah lebih baik. Promosi tersebut harus didukung dengan perbaikan atau
penyempurnaan infrastruktur pendukung agar jaringan Telkomsel dapat diakses dengan
baik oleh setiap pelanggannya dimanapun, kapanpun, dan dalam kondisi bagaimanapun.
2013-01-01T00:00:00ZPENGARUH ETIKA PROFESI, INDPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDITWildan, Moch.https://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/1074832023-09-29T07:32:44Z2016-01-01T00:00:00Zdc.title: PENGARUH ETIKA PROFESI, INDPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT
dc.contributor.author: Wildan, Moch.
2016-01-01T00:00:00ZPENGARUH PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN), PENANAMAN MODAL ASING (PMA), DAN BELANJA MODAL PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (Studi Kasus di Pemerintahan Provinsi Banten)Pratiwi, Risa Refinahttps://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/1074822023-09-29T07:21:06Z2016-01-01T00:00:00Zdc.title: PENGARUH PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN), PENANAMAN MODAL ASING (PMA), DAN BELANJA MODAL PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (Studi Kasus di Pemerintahan Provinsi Banten)
dc.contributor.author: Pratiwi, Risa Refina
dc.description.abstract: Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi tidak akan lepas dari adanya
peranan otonomi daerah yang berlaku di setiap daerah. Otonomi daerah sebagai
salah satu bentuk desentralisasi pemerintahan pada hakekatnya bertujuan untuk
memenuhi kepentingan bangsa secara keseluruhan. Namun karena keterbatasan
sumber daya yang dimiliki, sedangkan kebutuhan dana untuk pembangunan
ekonomi sangat besar. Maka cara untuk mencapai pertumbuhan ekonomi itu
adalah dengan meningkatkan investasi melalui penanaman modal dalam negeri
maupun penanaman modal asing.
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh Penanaman Modal Dalam Negeri
terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Banten, mengetahui pengaruh
Penanaman Modal Asing terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Banten,
mengetahui pengaruh Belanja Modal Pemerintah Provinsi Banten terhadap
Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Banten dan mengetahui pengaruh Penanaman
Modal Dalam Negeri, Penanaman Modal Asing dan Belanja Modal Pemerintah
Provinsi Banten terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Banten. Metode
penelitian penulis menggunakan deskriptif explanatory, melalui pengumpulan
data sekunder berupa data time series.
Hasil penelitian menunjukkan Penanaman Modal Dalam Negeri secara positif
signifikan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Kota dan Kabupaten
Provinsi Banten. Penanaman Modal Asing berpengaruh positif namun tidak
signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah Kota dan Kabupaten Provinsi
Banten. Belanja modal pemerintah berpengaruh positif namun tidak signifikan
terhadap Pertumbuhan ekonomi daerah Kota dan Kabupaten Provinsi Banten.
Hasil uji statistik Penanaman Modal Dalam Negeri, Penanaman Modal Asing dan
belanja modal pemerintah berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan
ekonomi daerah Kota dan Kabupaten Provinsi Banten.
2016-01-01T00:00:00ZPENGARUH KOMUNIKASI PROSES BISNIS & TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI PERPAJAKAN, MODERNISASI SDM DAN MODERNISASI PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADIHesyandihttps://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/1074802023-09-29T06:15:09Z2016-01-01T00:00:00Zdc.title: PENGARUH KOMUNIKASI PROSES BISNIS & TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI PERPAJAKAN, MODERNISASI SDM DAN MODERNISASI PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI
dc.contributor.author: Hesyandi
dc.description.abstract: Penerimaan pajak merupakan sumber utama penerimaan negara yang digunakan untuk pembiayaan pemerintah dan pembangunan. Fakta-fakta menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan Wajib Pajak di Indonesia masih mempri-hatinkan, dilihat dari tax ratio dan tax gap yang masih rendah. Berbagai kasus yang menyeret aparatur pajak dalam beberapa tahun terakhir telah menimbulkan skeptisisme wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Sementara di sisi lain, negara masih mengharapkan pajak sebagai sumber utama pendapatan. Direktorat Jenderal Pajak sebagai lembaga yang berwenang menangani masalah perpajakan harus berbenah memberi pelayanan yang lebih baik kepada Wajib Pajak. Perbaikan pelayanan melalui sebuah program perubahan. Perubahan-perubahan yang dilakukan meliputi modernisasi Proses bisnis dan teknologi informasi dan komunikasi, modernisasi Manajemen sumber daya manusia,modernisasi Pelaksanaan good governance.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Modernisasi Proses Bisnis & teknologi informasi & komunikasi Perpajakan, Modernisasi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Modernisasi Pelaksanaan Good Governance terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi”(Survey pada Kantor Pelayanan Pajak di Kota Bandung)
Populasi pada penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama di Kota Bandung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Modernisasi Proses Bisnis & teknologi informasi & komunikasi Perpajakan , Modernisasi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Modernisasi Pelaksanaan Good Governance. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t (T-Test) dan uji F (F-Test).
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Modernisasi Proses Bisnis & teknologi informasi & komunikasi Perpajakan , Modernisasi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Modernisasi Pelaksanaan Good Governance berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi
2016-01-01T00:00:00ZPENGARUH NON PERFORMING LOAN (NPL) DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) (Studi Empiris Pada Perbankan Konvensional Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014)Kurniawanhttps://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/1074722023-09-29T02:16:11Z2016-01-01T00:00:00Zdc.title: PENGARUH NON PERFORMING LOAN (NPL) DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) (Studi Empiris Pada Perbankan Konvensional Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014)
dc.contributor.author: Kurniawan
dc.description.abstract: Penelitian ini mengkaji tentang berfluktuasinya Return On Asets (ROA) pada perbankan konvensional yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2010-2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Profitabilitas (ROA). Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sebanyak 155 laporan keuangan. Uji statistik yang dilakukan adalah regresi linear berganda. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Version 23.
Hasil pengujian simultan yang dilakukan membuktikan bahwa tingkat non performing loan (NPL) dan loan to deposit ratio (LDR) mampu menjelaskan tingkat profitabilitas (ROA) pada perbankan konvensional yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2010-2014, dengan total kontribusi sebesar 32%
2016-01-01T00:00:00ZPENGARUH JUST IN TIME DAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KUALITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI KABUPATEN BANDUNGPratiwi, Nurul Azizhttps://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/1074592023-08-05T05:26:40Z2020-01-01T00:00:00Zdc.title: PENGARUH JUST IN TIME DAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KUALITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI KABUPATEN BANDUNG
dc.contributor.author: Pratiwi, Nurul Aziz
dc.description.abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Just In Time dan Total Quality Management terhadap kinerja kualitas perusahan manufaktur di Kabupaten Bandung yang dilakukan pada 8 perusahaan manufaktur yang berada di wilayah Kabupaten Bandung.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Analisis dalam penelitian ini adalah staff, supervisor dan para manajer perusahaan di 8 perusahaan manufaktur Kabupaten Bandung. Penelitian ini
dibantu dengan alat statistik SPSS versi 26.0. Data yang disebarkan sebanyak Metode yang digunakan adalah sampel jenuh atau sebanyak 112 responden. Pengujian kuesioner dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukan bahwa Just In Time dan Total Quality Management mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja kualitas perusahaan.
2020-01-01T00:00:00Z