ANALISIS PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABLE MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Ritel yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2024
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi pada perusahaan sub sektor perdagangan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019-2023. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif. Pengujian penelitian menggunakan MRA (Moderated Regression Analysis) dengan menggunakan software Eviews 12. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria yang diperoleh 26 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Likuiditas tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas memperlemah pengaruh leverage dan likuditas terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas memperkuat pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Dampak yang diharapkan dari penelitian ini bagi pembuat kebijakan, manajer dan investor dapat membantu dalam mengambil keputusan dan strategi untuk meningkatkan daya saing dan kinerja perusahaan.
Description
Keywords
Citation
Collections