ANALISIS PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABLE MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Ritel yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023)
Loading...
Date
2024
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, likuiditas dan ukuran
perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi pada
perusahaan sub sektor perdagangan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama
periode 2019-2023. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif.
Pengujian penelitian menggunakan MRA (Moderated Regression Analysis) dengan
menggunakan software Eviews 12. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan
purposive sampling berdasarkan kriteria yang diperoleh 26 perusahaan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.
Likuiditas tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan
tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas memperlemah
pengaruh leverage dan likuditas terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas memperkuat pengaruh
ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Dampak yang diharapkan dari penelitian ini bagi
pembuat kebijakan, manajer dan investor dapat membantu dalam mengambil keputusan dan
strategi untuk meningkatkan daya saing dan kinerja perusahaan.