PERENCANAAN BISNIS PT POS INDONESIA (PERSERO) SEBAGAI PENYEDIA JASA PEMBAYARAN (PJP) KATEGORI I BANK INDONESIA
Loading...
Date
2023
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Perkembangan teknologi informasi, tidak hanya mengubah pola hidup masyarakat
dalam berkomunikasi akan tetapi merubah pula bagaimana masyarakat mengakses
berbagai layanan yang dibutuhkan termasuk dalam melakukan transaksi keuangan.
Teknologi semakin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi dengan memanfaatkan
layanan keuangan digital melalui gadget, smartphone dan internet yang dikenal juga
dengan sebutan Fintech (Financial Technology) atau Teknologi Finansial. Kemudahan
dan efisiensi yang ditawarkan dalam layanan fintech mendorong banyak masyarakat
meninggalkan transaksi keuangan yang dilakukan secara konvensional. Tidak
dipungkiri, hal itu berdampak pula pada layanan jasa keuangan di PT Pos Indonesia
(Persero) yang selama ini lebih banyak mengandalkan channel penjualan melalui
jaringan fisik. Fintech bisa menjadi sebuah ancaman yang menggerus layanan existing,
namun dapat menjadi sebuah peluang baru yang dimanfaatkan oleh PT Pos Indonesia
(Persero) untuk bertransformasi dan meningkatkan daya saing sehngga dapat
menambah revenue baru perusahaan sekaligus mendapatkan market share di industri
layanan keuangan digital. Untuk mendukung hal tersebut PT Pos Indonesia (Persero)
memiliki inisiatif strategis untuk mengembangkan bisnisnya dengan menjadi salah satu
Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Kategori I Bank Indonesia. Analisis perencanaan
bisnis disusun dengan memperhatikan konsep analisis Porter’s Five Force dan Lean
Canvas model. Kelayakan rencana bisnis dan investasi yang dilakukan dinilai
berdasarkan indikator analisis keuangan dan investasi seperti Break Event Point,
Payback Period, Profitability Index, Net Profit Margin, Internal Rate Return, dan
Return on Investment. Perencanaan bisnis disusun meliputi aspek keuangan,
pemasaran, kesiapan operasional dan sumber daya manusia yang menunjukkan bahwa
PT Pos Indonesia (Persero) memiliki potensi yang cukup besar mengingat market size
layanan keuangan digital sangat besar dengan tingkat pertumbuhan pasar yang terus
berkembang. Perencanaan bisnis PT Pos Indonesia (Persero) sebagai Penyedia Jasa
Pembayaran (PJP) layak untuk dilaksanakan karena dapat memberikan potensi revenue
dan laba yang signifikan.