PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN BALANCE SCORECARD PADA DIREKTORAT AIRCRAFT SERVICE PT DIRGANTARA INDONESIA

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Direktorat Aircraft Services PT Dirgantara Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa perawatan pesawat dan telah mendapatkan sertifikat sebagai bengkel Aircraft Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) dan sertifikat sebagai distributor (approved distributor) untuk sejumlah jenis komponen pesawat dari instansi pemerintah (sipil/militer). Selama ini, pengukuran kinerja yang berada di perusahaan hanya pada sisi keuangan saja, pada sisi non-keuangan belum diukur secara jelas. Terlihat dari pengiriman barang yang terlambat, memungkinkan adanya perbaikan kinerja pada perusahaan tersebut, karena evaluasi kinerja non keuangan belum di evaluasi dan mengalami keterlambatan pengiriman. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan sistem pengukuran kinerja dengan metode Balance Scorecard. Metode pengukuran kinerja Balance Scorecard merupakan pengukuran kinerja yang berdasarkan empat perspektif meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Data yang diambil di perusahaan target pencapaian pada tahun 2015, realisasi pada tahun 2016. Berdasarkan hasil perhitungan, hasil dari perspekrif keuangan dalam kondisi yang cukup baik dengan jumlah skor 62. Perspektif pelanggan dalam kondisi kurang baik dengan jumlah skor 38. hasil dari pengukuran perpektif proses bisnis internal termasuk kondisi yang cukup baik dengan jumlah skor 50. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan termasuk dalam kondisi yang cukup baik dengan jumlah skor 54. Dengan menggunakan metode Balance Scorecard ini dapat diketahui perspektif yang perlu ditingkatkan dan harus diperbaiki untuk kedepannya, sehingga dapat terpenuhi target perusahaan.
Description
Keywords
Balance Scorecard, Pengukuran Kinerja, Kinerja, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan, Performance Measurement, Performance, Financial Perspective, Customer Perspective, Internal Business Process Perspective
Citation