PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris Pada Pemerintah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris Pada Pemerintah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris Pada Pemerintah Kota Bandung)
Author: Mulyani, Endah
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah partisipasi penyusunan anggaran sebagai variabel independen dan kinerja aparatur pemerintah daerah sebagai variabel dependen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dengan pendekatan metode survey. Jenis data penelitian berupa data primer dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 36 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung, dengan responden berjumlah 72 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan program yang digunakan untuk menganalisis data adalah Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Versi 22.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah. Besar pengaruh partisipasi penyusunan anggaran dalam memberikan kontribusi terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah sebesar 63,8%. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan diadakannya diskusi rutin setiap tahunnya terkait dengan penyusunan anggaran antara pimpinan dan bawahan SKPD sebagai bentuk tanggungjawab dan konsekuensi yang dapat meningkatkan kinerja secara optimal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8636
Date: 2017


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 223.7Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 820.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 388.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 307.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 321.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 303.6Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 232.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 223.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 467.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 686.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 717.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.050Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 307.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 368.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record