PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI SARANA LEGITIMASI TERHADAP TINGKAT AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi dan Sektor Industri Dasar & Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI SARANA LEGITIMASI TERHADAP TINGKAT AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi dan Sektor Industri Dasar & Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI SARANA LEGITIMASI TERHADAP TINGKAT AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi dan Sektor Industri Dasar & Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)
Author: Septiani, Ayu
Abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap tingkat Agresivitas Pajak dengan variabel kontrol Profitabilitas dan Leverage. Corporate Social Responsibility (CSR) dalam penelitian diukur menggunakan Corporate Social Responsibility Disclosure Index (CSRDI). Agresivitas Pajak dalam penelitian diukur menggunakan Effective Tax Rates (ETR). Profitabilitas dalam penelitian diukur menggunakan Return On Asset (ROA). Serta Leverage dalam penelitian ini diukur menggunakan Long Term Debt to Total Asset. Penelitian menggunakan data Laporan Keuangan Tahunan perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2015 sebanyak 99 sampel perusahaan yang diambil dengan menggunakan metode nonprobability purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier berganda. Pengambilan kesimpulan atas hipotesis dilakukan dengan mengamati nilai koefisien determinasi dan regresi, dengan mempertimbangkan hasil uji signifikan yaitu Uji-t dan Uji-F taraf signifikansi 5 persen, melakukan uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastitas, dan uji autokorelasi. Semua perhitungan statistik dilakukan dengan menggunakan software Eviews 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak. ROA berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak. Dan leverage berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Kontribusi variabel CSRDI , ROA dan Leverage dalam menjelaskan variabel Agresivitas pajak adalah sebesar 61,25%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8559
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 90.54Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.187Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.63Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 38.42Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 46.87Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 31.51Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.35Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.95Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 50.94Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 164.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 174.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 177.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.63Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 37.34Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record